Analisis Pengambilan Keputusan Pembelian Petani dalam Memilih Benih Kelapa Sawit Bersertifikat dan Non Bersertifikat di Kabupaten Labuhan Batu Utara

Laura Juita Pinem, Safrida Safrida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik petani, menganalisis tahapan proses pengambilan keputusan pembelian petani dalam memilih benih bersertifikat dan non sertifikat, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian petani dalam memilih benih kelapa sawit bersertifikat dan non sertifikat di Kabupaten Labuhan Batu Utara. Penelitian ini dianalisis dengan bantuan 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi logistik. Hasil dari analisis faktor membentuk 3 faktor yang mempengaruhi, yaitu faktor pendidikan, faktor ketahanan terhadap hama, dan penyakit dan faktor harga.

Keywords


pengambilan keputusan petani, benih sertifikat dan nonsertifikat, regresi logistic


Full Text:

PDF

References


Emiria, F. dan H. Purwandari. 2014. Pengembangan pertanian organik di Kelompok Tani Madya, Desa Kebonagung, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penyuluhan 10 (2).

Direktorat Jendral Perkebunan.2015. Statistik Perkebunan Indonesia. Jakarta. Kementerian Pertanian.

Engel, James F, R.D Blackweel, P.J. Winiard. 1995. Perilaku Konsumen, Jilid 1. Jakarta: Bina Rupa aksara.

Joni, M.M.A, M.F.R. Rubzen, and P.J.Batt. 2001. Factors influencing a farmer’s decision to purchase seed potatoes in East Java. Paper presented at the 45th Annual Conference of the Australian Agricultural and Resource Economics Society, Adelaide, South Australia.

Kotler, P. dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Indeks.

Kotler, P. dan Garry Amstrong. 2016. Principles of Marketing. Pearson Education. England.

Schiffman, and Kanuk. 2008. Perilaku KonsumenEd 7. Jakarta: PT. Indeks.

Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Bogor.

Sumarwan, U. 2010. Perilaku Konsumen. PT Ghalia Indonesia, Anggota IKAPI, Bogor.

Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Graga Ilmu. Yogyakarta.

Umar. H. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Umar, H. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Umum. Anggota IKAPI. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

JASc (JOURNAL OF AGRIBUSINESS SCIENCES)