Analisis SWOT pada UKM Aroma Gayo Coffee dan UKM Ido Coffee dalam Era Pandemi COVID-19 di Kabupaten Aceh Tengah

Yuanita Ananda, Fajri Fajri, Suyanti Kasimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi dan perkembangan UKM Aroma Gayo Coffee dan UKM Ido Coffee selama pandemi Covid-19 di Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan merode survey karena bertujuan untuk menganalisa data dengan cara mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kusioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Jenis data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFAS, matriks EFAS dan diagram SWOT. Hasil penelitian ini  menunjukan bahwa UKM Aroma Gayo Coffee berada pada posisi kuadaran I dimana fokus strategi pada kuadran ini yaitu berada pada posisi kuadran I atau kuadran agresif, yang dimana artinya faktor kekuatan dan peluang yang tersedia pada UKM Aroma Gayo Coffee dan UKM Ido Coffee masih dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam melakukan peningkatan pemasaran kopi arabika selama pandemi COVID-19.


Keywords


Analisis SWOT, Posisi UKM, Matriks EFAS, Matriks IFAS

Full Text:

PDF

References


Abiddin, M. Z., Mas’udin, I., & Utama, D. M. (2017). Pemilihan Strategi Pemasaran Dengan Metode SWOT Dan TOPSIS. Jurnal Teknik Industri, 18(1), 55. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18.no1.55-67

Ananda, A. (2019). Analisis strategi pemasaran usaha tabo kopi sipirok. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan education research methodology. STIT Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan, 1, 3.

Kurniawan, M., & Haryati, N. (2017). Analisis strategi pengembangan usaha minuman sari buah sirsak. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 6(2), 97–102.

Miharja, K. (2018). Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Bisnis Susu Murni Q-Milk. Jurnal Ecodemica, 2(1), 30–38.

Puguh Cahyono. (2016). Implementasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan dan Kematian pada PT. Prudential Cabang Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 1 No-2(May), 31–48.

Statistik, B. P. (2019). Aceh Tengah Dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik Aceh Tengah, Takengon.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjasc.v5i2.8627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JASc (Journal of Agribusiness Sciences)  is abstracting & indexing in the following databases: 

   
 
 
Creative Commons License
JASc (Journal of Agribusiness Sciences) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
View My Stats JASc