Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Stip-Ap (Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan)

Purjianto Purjianto, Tuty Ningsih, Alda Kartika

Abstract


Pertumbuhan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara semakin pesat. Hal ini memudahkan mahasiswa menentukan pilihan PTS yang menarik untuk dipilih dalam menempuh pendidikan tinggi. STIP-AP sebagai salah satu perguruan tinggi yang berfokus pada perkebunan sawit dan karet merupakan PTS yang banyak diminati oleh mayarakat. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa utuk memilih kuliah di STIP-AP. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) pada bulan Maret – Juni 2020. Metode Penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dan dianalisis dengan persamaan regresi linear berganda. Pengambilan sampel menggunakan kuisioner dengan skala pengukuran (linkert) dan diolah dengan SPSS 22.  Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Variabel budaya berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan memilih kuliah di STIP-AP dengan nilai  thitung < ttabel yaitu 1,064 < 1,99 dengan nilai signifikansi sebesar 0,291 > α (0,05). (2)Variabel sosial berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan memilih kuliah di STIP-AP dengan nilai  thitung < ttabel yaitu 1,636 < 1,99 dengan nilai signifikansi sebesar 0,155 > α (0,05). (3)Variabel pribadi berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan memilih kuliah di STIP-AP dengan nilai  thitung < ttabel yaitu 1,161 < 1,99 dengan nilai signifikansi sebesar 0,249 > α (0,05). (4)Variabel psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih kuliah di STIP-AP dengan nilai  thitung > ttabel yaitu 5,6 > 1,99 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < α (0,05).


Keywords


Budaya, Pribadi, Keputusan, mahasiswa, STIP-AP

Full Text:

PDF

References


Arnita, V., & Ramadhan, puja rizky. (2019). Puja Rizqy Ramadhan. Jurnal Akutansi Bisnis dan Publik. Agustus, 10(1), 163–171.

Diwagkara, R. F. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keutusan Mahasiswa Memilih Program Studi Manajemen Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universtas Dian Nuswantoro. http://eprints.dinus.ac.id/17110/1/jurnal_15489.pdf

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanif, R., Satriawan, R., & Harahap, F. (2015). Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Akuntansi sebagai Tempat Kuliah di Universitas di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 2(2), 34028.

Koesoemaningsih, R. (2013). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Pendidikan Pada Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Soerjo Ngawi. Jurnal Media Soerjo, 13(2), 1–22.

Minarso, B., & Machmuddah, Z. (2020). Pemilihan Prodi Akuntansi dan Faktor Yang Mempengaruhi Pada Mahasiswa Baru Prodi Akuntansi Perguruan Tinggi “X.” Jurnal Riset Akuntansi, 10(2), 105–112.

Martini. (2013). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan jurusan akuntansi sebagai tempat kuliah di perguruan tinggi. Elektronik Fakultas Ekonomi Universitas Budi Luhur.

Nuryadin, Muhammad Teguh dan Albusairi, Siti Aliyati. (2017). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pada Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Wawasan Manajemen. Vol. 5. Nomor 2.

Ruhiyat, Endang. (2013). Analisis Faktor Yang Menjadi Penentu Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi. Dosen Universitas Pamulang. Inovasi Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen.

Satori, D. dan Komariah, A S. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Setiawan, & Kusrini, D. E. (2010). Ekonometrika. CV. Andi Offset.

Syardiansyah. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Baru Memilih Program Studi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Aceh. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 6. No. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjasc.v5i2.9363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JASc (Journal of Agribusiness Sciences)  is abstracting & indexing in the following databases: 

   
 
 
Creative Commons License
JASc (Journal of Agribusiness Sciences) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
View My Stats JASc