Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai

Akrim Akrim, Paridah Paridah

Abstract


Rendahnya motivasi keberanian anak untuk performance di RA Al- Mushlihin Binjai. Anak kurang berani untuk Perfomance hal ini disebabkan straregi bermain peran jarang dilakukan dalam proses belajar mengajar. Untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapatahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Subjek pada penelitian adalah anak kelompok B RA Al- Mushlihin Binjai. Tahun Pelajaran 2015-2016. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu hasil penilaian performance anak, lembar kerja anak dan dokumentasi. Hasil analisis data pada grafik prasiklus yang berhasil mencapai rata-rata anak 40%, Siklus I 70% dan siklus II 90%. Dari hasil penelitian Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian Anak Untuk Perfomance Melalui Strategi Bermain Peran Di RA Al- Mushlihin Binjai meningkat.

 

Kata kunci: Meningkatkan Motivasi, Motivasi, Strategi Bermain Peran


References


Al-Tabany, Triantono Ibnu Badar, 2015, Desain Pengembangan Tematik

BAEI, Anak Usia, dkk, 2011, Bermainan dan Permainan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka

Winda Gunarsi dkk, 2014, Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar

Titi Chandrawati, Yupiart, 2014, Profesionalitas Guru PAUD, Tangerang Selatan, Universitas Terbuka

Whitherington, 1991, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Muhbinsyah, M.. Ed, 2006, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru,

Baudang: PT. Remaja Rosda Karya

Masitoh, dkk, Strategi Pembelajaran TK, Jakarta,: Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsmi,dkk. 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Istiwidayanti, dkk, 2000, Psikologi Pengembangan Anak, Jakarta:Erlangga

Soegeng, 2005, Dasar-dasar Pendidikan TK, Jakarta: Universitas Terbuka

Montolalu, dkk, 2005, Bermain dan Permainan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka

Aisyah, Siti, 2007, Perkembangan dan Konsep Dalam Pengembangan Anak

UsiaDini, Jakarta: Universiytas Terbuka

Khadijah, 2015, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing

Woolfolk, Anita E dan Nicolach, Lorraine McCune,2004, Mengembangkan Kepribadian dan Kecerdasan Anak-anak (Psikologi Pembelajaran I), Jakarta: Inisiasi Press

W. Santrock, John, 2011, Masa Perkembangan Anak, Jakarta: Salemba Humanika

B. Hurlock, 1990, Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Alih Bahasa oleh Istidayanti dan Sujarwo), Jakarta: Erlangga

Muchlis, Mansur, 2011, Melaksanakan PTK Itu Mudah, Jakarta: Bumi Aksara

Suyanto, Slamet, 2005, Pembelajaran Untuk Anak TK, Jakarta: Depdiknas

Zaman, Badru, dkk, 2005, Media dan Sumber Belajar TK, Jakarta: Universitas Terbuka

Ibnu Badar Al-Tabany, Trianto, 2013, Desain Pengembangan Pembelajaran

Tematik, Jakarta: Predana Media

Sholehudin, dkk, 2012, Pembaharuan Pendidikan TK, Tangerang Selatan,

Universitas Terbuka

Ali Imron, 1996, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya

Suyadi, 2010, Psikologi Belajar PAUD, Yogyakarta: Pedagogia

Rozi Sastra Purna dan Anum Sukma Kinasih, 2015, Psiklogi Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Permata Puri Media

Ihsana El-Khuluq, 2015, Manajemen PAUD, PendidikanTaman Pendidikan Aneh, Yogyakarta: Uhamka Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats