Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa MTs N 2 Medan TP. 2017/2018

Marah Doly, Kartika Ihdina

Abstract


Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana perangkat pembelajaran matematika realistik hasil pengembangan pada siswa MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik pada siswa MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 pada MTs Negeri 2 Medan sejumlah 40 orang, terdiri dari 19 orang siswa laki-laki, 21 orang siswa perempuan. Perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan adalah  RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran, dan Penilaian. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Model Thiagarajan terdiri dari empat tahap tetapi, peneliti membatasinya menjadi modifikasi model 4-D karena, hanya sampai pada tahap pengembangan saja, yaitu: tahap pendefenisian (define) terdiri dari analisis awal akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran, tahap perancangan (design) terdiri dari penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal, tahap pengembangan (develop) terdiri dari penilaian para ahli di bidang matematika dan uji coba lapangan. Sebelum melakukan pembelajaran, Perangkat pembelajaran terlebih dahulu di validkan kepada validator, hasil kevalidan perangkat pembelajaran terhadap seluruh validator adalah sebagai berikut : RPP dengan skor rata-rata 4,2, Bahan Ajar dengan skor rata-rata 3,93, LKPD dengan skor rata-rata 4,12, Media Pembelajaran dengan skor rata-rata 4,14, Penilaian/THB dengan skor rata-rata 4,15, maka kelima perangkat pembelajaran tersebut dinyatakan valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran di nilai dari angket respon siswa. Angket respon siswa dengan skor rata-rata 3,77 maka angket respon siswa di kriteriakan baik . Maka dari hasil kevalidan dan kepraktisan tersebut dinyatakan perangkat pembelajaran dapat digunakan sebagai proses pembelajaran.

Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Matematika Realistik



References


Arief, Musdinatul Millah, dkk. 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Materi Prisma Kelas VIII dengan Pendekatan Scientific di SMP Dr. Soetomo Surabaya”. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. Vol. 2. No. 2. Hal. 1-13. Desember 2017.

Chodijah, Siti, dkk. 2012 “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Hal 1-19 (2012).

Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

-------------. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Hadi, S. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin. Tulip.

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan [Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika]. Jember: Pena Salsabila.

Maslihah, Siti. 2012. “Pendidikan Matematika Realistik sebagai Pendekatan Belajar Matematika”. Jurnal Phenomenon. Vol. 2. Nomor 1. Juli 2012.

Muhson, Ali. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. Vol. VIII. Nomor 2. Hal. 1-10.

Nurmita, Fina. 2017. “Pengembangan Buku Ajar Siswa dan Guru Berbasis Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Matematika Siswa Kelas VII SMP Al-Karim Kota Bengkulu”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5. Nomor. 1. Hal. 86-98. April 2017.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.

Poppy Kamalia Devi, dkk (2009). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan IPA”.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

----------------------. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

----------------------. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

----------------------. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah Madrasah. Depok: Kencana.

Purnomo, Djoko. 2011. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Berfikir”. Jurusan Pendidikan Matematika. FPMIPA IKIP PGRI Semarang. Vol. 2. Nomor 1. Maret 2011.

Putranto, Sumbaji, dkk. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Perbandingan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Bagi Siswa SMP Kelas VIII Sesuai Kurikulum 2013” tersedia pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/article/viewFile/689/2456 (diakses pada tanggal 13 Maret 2018)

Rahmawati, Fitriana. 2013. “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar”. Kumpulan Makalah Seminar Semirata. Fakultas MIPA. Universitas Lampung.

Romauli,Mika. 2013. “Pengaruh Pembeljaran Matematika Realistik dan Berfikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDBharlind School Medan”.Jurnal Tematik.Vol. 003. No. 12. Desember 2013.

Rupaidah, Ana dan Danaryanti, Agni. 2013. “Pengembangan LKS dengan Pendekatan Realistik Pada Materi Sistem Persamaan Dua Variabel”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1. No. 1. Hal. 10-17. Oktober 2013.

Santi, Dewi,dkk. 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP”.Jurnal Kadikma. Vol. 6. No. 1. Hal. 85-94. April 2015.

Sardiman, Arief S, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Sari, Wiwin Rita. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 3. No. 1. Hal. 109-121. Mei 2016.

Sugiantara, I Gusti P. A, dkk. 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dengan Peta Konsep Pada Materi Trigonometri di Kelas XI SMK”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 2. Tahun 2013.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Cetakan Keempat. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Widoyoko, Putro Eko. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wijaya, Ariadi. 2011. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wulandari, Raifi, dkk. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Kubus dan Balok”. Jurnal Pancaran. Vol. 3. No. 1. Hal. 131-140. Februari 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats