Evaluasi Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Vitreoretina pada Rumah Sakit Pendidikan di Semarang

Lady Pranodia Sukmawidowati, Arief Wildan, Afrisal Hari Kurniawan, Andhika Guna Dharma

Abstract


Rumah sakit pendidikan adalah lingkungan yang unik di mana misi pendidikan kedokteran, penelitian, dan perawatan bersatu untuk kepentingan semua pasien. Mengukur kepuasan klien adalah salah satu komponen kunci dari evaluasi hasil layanan perawatan kesehatan yang diberikan kepada mereka. Survei kepuasan pasien mencerminkan kesenjangan antara layanan yang diharapkan dan pengalaman layanan. Pasien vitreoretinal cenderung datang pada stadium lanjut di negara berkembang, dan harapan mereka untuk kualitas perawatan yang akan mereka terima mungkin berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pelayanan rawat jalan perawatan vitreoretinal yang diberikan kepada pasien di Rumah Sakit Kariadi sebagai rumah sakit pendidikan, selama Maret 2019 hingga April 2019.

Keywords


Vitreoretina, pelayanan rawat jalan, kepuasan pasien, rumah sakit pendidikan

References


Ayanian J, Weissman J. Teaching Hospitals and Quality of Care: A Review of the Literature. Milbank Quarterly. 2002;80(3):569-593.

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Laporan Survey Indeks Kepuasan Masyarakat [Internet]. Depkes.go.id. 2019 [cited 20 June 2019]. Available from: http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/Survei%20kepuasan%20pelanggan/2017/SURVEY%20IKM%20KEMENKES%202017_Final.pdf

Amissah-Arthur K. Challenges with starting vitreoretinal services in the developing world. Nepalese Journal of Ophthalmology. 2016;8(1):1-2.RDV200

Yorston D, Jalali S. Retinal detachment in developing countries. Eye. 2002;16(4):353-358.

Yorston D. Retinal diseases and vision 2020. Community Eye Health. 2003; 16(46): 1920.

Norquist GS. Contented but not better: Problems with satisfaction. Psychiatric Services. 2009;60(7):867-867.

Leeper-Majors K, Veale JR, Westbrook TS, Reed K. The effect of standardized patient feedback in teaching surgical residents informed consent: Results of a pilot study. Current Surgery. 2003;60(6): 615-622.

Hart JT. The autonomous patient: Ending paternalism in medical care. Journal of the Royal Society of Medicine. 2002;95(12): 623-624.

Chand B, Katuwal S, Pandit R, Pandey A. Satisfaction with Quality of Health Care among Teaching Hospitals in Kathmandu, Nepal. Asian Journal of Medicine and Health. 2018;10(2):1-11.

Berehe T, Bekele G, Yimer Y, Lozza T. Assessment of clients satisfaction with outpatient services at Yekatit 12 Hospital Medical College, Addis Ababa, Ethiopia. BMC Research Notes. 2018;11(1):1-6.

Rajbanshi L, Dungana G, Gurung Y, Koirala D. Satisfaction with health care services of out patient department at Chitwan Medical College Teaching Hospital, Nepal. Journal of Chitwan Medical College. 2014;4(1):11-18




DOI: https://doi.org/10.30596/jih.v1i2.4621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Fakultas Kedokteran

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jln.Gedung Arca No. 53 Medan 20217
Telp/HP/Whatsapp: +62 8112570085, +62 857-6248-0974
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JIH/index
Email : implementahusada@umsu.ac.id