Pengaruh Kegiatan Keluarga Binaan Kesehatan (KBK) terhadap Adab Komunikasi dan Empati Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

N Aisyah Savira Pratiwi, Ratih Yulistika Utami

Abstract


LatarBelakang:Sampaisaatini,kemampuanmahasiswamelakukanketerampilankomunikasi dan empati sebagian besar memburuk dari waktu ke waktu dikarenakan tidak adanyapelatihan untuk melatih teknik komunikasi serta empati tersebut. Komunikasi dan empati dapatditingkatkan melalui pelatihan dan paparan yang banyak. Pembelajaran pada kurikulum pendidikankedokteran di FK UMSU untuk meningkatkan komunikasi dan empati mahasiswa adalah melaluipembelajaran keterampilan klinis, bioetika dan humaniora kedokteran dan kegiatan keluarga binaankesehatan(KBK).Berdasarkanhaltersebut,makapentingmenilaipengaruhkegiatanKBKterhadapkomunikasidanempatimahasiswa.Tujuan:Mengetahuipengaruhkegiatankeluargabinaankesehatan(KBK)terhadapkomunikasidanempatimahasiswaFakultasKedokteranUMSU.Metode:Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik korelatif, penelitian ini dilakukan pada bulanAgustus 2019 Januari 2020 dengan sampel sebanyak 24 kelompok atau 94 responden.Hasil:Persepsi mahasiswa kedokteran UMSU terhadap kegiatan KBK dengan gambaran komunikasi danempatimahasiswayangdinilaiolehmasing-masingkeluargaKBKmemilikikorelasiyangsignifikandengan masing-masing p = 0,020; 0,043 < 0,05. Sedangkan persepsi mahasiswa terhadap programKBK dengan gambaran empati mahasiswa yang dinilai oleh mahasiswa sendiri memiliki korelasiyang signifikan p = 0,021 < 0,05.Kesimpulan:Terdapat hubungan yang negatif antara persepsimahasiswa Fakultas Kedokteran UMSU terhadap program KBK dengan kemampuan komunikasidan empati mahasiswa yang dinilai oleh keluarga dikarenakan keluarga merasa puas dan manfaatdarikegiataninidanterdapathubunganyangpositifantarapersepsimahasiswaFakultasKedokteranUMSU terhadap program KBK dengan kemampuan empati yang dinilai oleh mahasiswa sendiridikarenakanmahasiswamerasaterbebanidenganjadwalperkuliahanyangpadatdandianggapsepeleolehkeluarga binaan.


Keywords


Kata Kunci: Empati, Komunikasi, Mahasiswa kedokteran, Pembelajaran komunitas

References


Pinzon RT, Merry MS. Integrasi Pendidikan, Penelitian, & Pelayanan Yang Berkualitas Dalam Academic Health System. Berkala Ilmiah Kedokteran Duta Wacana. 2017;2(2)

Konsil Kedokteran Indonesia (Ed.), Perkonsil No. 11 Tahun 2012: Standar Kompetensi Dokter Indonesia 2012. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia; 2012.

Salaminia S, Motlagh AH, Elyaciyan S, Saadat M. Evaluating Success Rate In Clinical Skills Learning And Its Related Factors Among Medical Students Of The Yasuj University Of Medical Sciences During The Lastthree Years Of Medical Training Course In 2016-2017. International Journal Advanced Biotechnology and Research. 2017;8(4)

Liansyah TM, Kurniawan H. Pentingnya Komunikasi Dalam Pelayanan Kesehatan Primer. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala. 2015;15(2)

Harahap MA, Graharti R. Teknik dan Peran Empati dalam Praktik Kedokteran Technique and The Role Of Empathy In Medical Practice. Medical Profession Journal of Lampung (Medula). 2018;8(4)

Kee JWY, Khoo HS, Lim I, Koh

MYH. Communication Skills in Patient-Doctor Interactions: Learning from Patient Complaints. Heal Proffesions Education. 2017;4(2)

Warokka M, Pasiak T, Wongkar D. Gambaran Empati Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2010. Jurnal e-Biomedic (eBm). 2016;4(1)

Youssef FF, Nunes P, Sa B, Williams S. An Exploration Of Changes In Cognitive And Emotional Empathy Among Medical Students In The Caribbean. International Journal of Medical Education. 2014;5(2)

Purnamasari CB, Claramita M, Prabandari YS. Pembelajaran Profesionalisme Kedokteran dalam Persepsi Instruktur dan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2017;4(1)

Mofidi M, Strauss R, Pitner LL, Sandler ES. Dental Students Reflections On Their Community- Based Experiences: The Use Of Critical Incidents. Jurnal Dental Education. 2003;67(5)

Natasha N, Shafira A, Charles AS, Maharani C. The Influence Of Video Learning Media Addition On Neuromotoric Physical Examination Clinical Skill Of Medical Student Faculty Of Medicine And Health Sciences Jambi. Jambi Medical Journal (JMJ). 2018;6(2)

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Peraturan Akademik FK UMSU Untuk Mahasiswa. 2016:6-8

Utami RY, Mora Claramita M, Prabandari YS. Pembuatan Dan Uji Coba Panduan Pertanyaan Untuk

Menstimulasi Refleksi Diri Mahasiswa Kedokteran Pada Pembelajaran Berbasis Masyarakat: Sebuah Studi Eksperimen [Theses]: Universitas Gajah Mada; 2016.

Chen D, Lew R, Hershman W, Orlander J. A Cross-Sectional Measurement Of Medical Student Empathy. Journal of General Internal Medicine (JGIM). 2007;22(10)

Hojat M, Mangione S, Nasca TJ, et al. An Empirical Study Of Decline In Empathy In Medical School. Medical Education. 2004;38(9)

Huang L, Thai J, Zhong Y, et al. The Positive Association Between Empathy And Self-Esteem In Chinese Medical Students: A Multi-Institutional Study. Frontiers Psychology. 2019;10(2)

Gosal D, Jena Y. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Nilai Empati pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya. Jurnal Perkotaan. 2017;9(1)

Prihanti GS. The Development Of Community Based Education (CBE) Models To Support The Achievement Of Empathy Competence: First Year Of Medical Students. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities. 2017;25(3)

Brazeau CMLR, Schroeder R, Rovi S, Boyd L. Relationship Between Medical Student Service And Empathy. Academic Medicine: Journal of Association of American Medical Colleges. 2011;86(10)

OSullivan M, Martin J, Murray E. Students Perceptions Of The Relative Advantages And Disadvantages Of Community- Based And Hospital-Based

Teaching: A Qualitative Study.

Medical Education. 2000;34(8)

Wright KB, Bylund C, Ware J, Parker P, Query JL, Baile W. Medical Student Attitudes Toward Communication Skills Training and Knowledge of Appropriate Provider-Patient Communication: A Comparison of First-Year and Fourth-Year Medical Students.

Medical Education Online. 2006;11(1)

Shankar PR, Dubey AK, Balasubramanium R, Dwivedi NR. Student Attitude Towards Communication Skills Learning In A Caribbean Medical School. Australasian Medical Journal. 2013;6(9)




DOI: https://doi.org/10.30596/jih.v2i2.9257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Fakultas Kedokteran

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jln.Gedung Arca No. 53 Medan 20217
Telp/HP/Whatsapp: +62 8112570085, +62 857-6248-0974
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JIH/index
Email : implementahusada@umsu.ac.id