PERAN GANDA PEREMPUAN PADA KELUARGA MASYARAKAT PETANI DI DESA SRIKATON NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG

Mohammad Alfin Sulihkhodin

Abstract


Penelitian ini membahas terkait dengan Peran Ganda Perempuan pada keluarga masyarakat petani, di Desa Srikaton Ngantru Kab. Tulungagung. Salah satu tujuan utama dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang bagaimana Peran Ganda Perempuan didalam meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan keluarga, juga terkait apa saja dampak dari Peran Ganda Perempuan terhadap keluarga. Penelitian ini menggunakan teori berkaitan dengan peran seorang perempuan dalam keluarga, dan gender, sebagai pisau analisis utama. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yang bersifat studi lapangan (field research), melalui metode deskriptif-analisis. Adapun terkait dengan data diperoleh melalui wawancara, juga observasi. Hasil melalui pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat Peran Ganda Perempuan pada keluarga masyarakat petani di Desa Srikaton Ngantru Kabupaten Tulungagung. Selain berperan sebagai ibu rumah tangga, maupun buruh tani, mereka juga melakukan pekerjaan sampingan sebagai buruh cetak papan tripleks. Adapun hasil dari pekerjaan sampingan mereka adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan perekonomian keluarga, serta pendidikan anak-anak mereka

Kata Kunci: Peran ganda perempuan, petani, perekonomian keluarga.


References


Arif, Zahra Zaini. (2019). Peran Ganda Perempuan dalam Keluarga Perspektif Feminis Muslim indonesia, Indonesian Journal of Islamic Law, 1 (2): 97-126.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Livia. (2019). Pendidikan Anak di Dalam Keluarga Dipengaruhi Status Sosial Ekonomi, Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 1 (2): 63-75.

Elizabeth, Roospaganda. (2008). Peran Ganda Wanita Tani dalam Mencapai Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Pedesaan, Jurnal Iptek Tanaman Pangan, 3 (1): 59-68.

Emsir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ermawati. (2016). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 2 (3): 183-187.

Hardiyanti, Eka Putri., Firman & Rusdinal. (2019). Peran Ganda Wanita dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga untuk Memenuhi Kebutuhan Keluarga di Sungai Musi Sumatera Selatan, Jurnal Pendidikan Tambusia, 3 (6): 1549-1555.

Jalil, Iwan Abdul., & Yurisna Tanjung. Peran Ganda Perempuan pada Keluarga Masyarakat Petani di Desa Simpang Duhu Dolok Kabupaten Mandailing Natal, Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan, 1 (1): 58-70.

Masudi. (2016). Kesetaraan Suami dan Istri dalam Keluarga (Analisis Kesetaraan Pembagian Kerja dalam Keluarga Madura), Jurnal Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7 (12): 19-34.

Megawangi, R. (2000). Membiarkan Berbeda: Sudut Pandang Baru tentang Relasi Gender. Bandung: Mizan.

Samsidar. (2019). Peran Ganda Wanita dalam Rumah Tangga, Jurnal An-Nisa, 12 (2): 665-663.

Soehadha, Moh. (2012). Metode Penelitian Sosial Kualitatif untuk Studi Agama. Yogyakarta: Suka Press.

Tumbage, Stevin M.E., dkk. (2017). Peran Ganda Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Allude Kecamatan Kolongan Kabupaten Talaud, Jurnal Acta Diurna, 6 (2): 1-14.




DOI: https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.5823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.