Pengaruh Iklim Sekolah Struktur Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Sibolga

Triarta T.S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklim sekolah, struktur organisasi, motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 2 Sibolga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Sibolga yang berjumlah 44 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya dilakukan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Hubungan variabel Iklim Sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) dalam bentuk persamaan regersi Y = 29,213+ 0,229 X1. Ini berarti bahwa jika Iklim Sekolah meningkat sebesar 1 poin maka kinerja guru akan meningkat sebesar 0,229 poin pada konstanta 29,213 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (b) Bentuk hubungan variabel Motivasi Kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) dalam bentuk persamaan regersi Y = 21,772 + 0,501 X1. Ini berarti bahwa jika Struktur Organisasi meningkat sebesar 1 poin maka kinerja guru akan meningkat sebesar 0,501 poin pada konstanta 21,772. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. (c) Bentuk hubungan variabel Motivasi Kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) dalam bentuk persamaan regersi Y = 21,772 + 0,501 X1. Ini berarti bahwa jika Struktur Organisasi meningkat sebesar 1 poin maka kinerja guru akan meningkat sebesar 0,501 poin pada konstanta 21,772. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. (d) Karena Fhitung > Ftabel atau 12,088 > 2,840 maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Iklim Sekolah, Struktur Organisasi dan Struktur Organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Sibolga.


ABSTRACT

This research aims to analyze the effect of: School Climate on Teacher Performance at SMP Negeri 2 Sibolga, Organizational Structure on Teacher Performance at SMP Negeri 2 Sibolga, Work Motivation on Teacher Performance at SMP Negeri 2 Sibolga, School Climate, Organizational Structure, Work Motivation on Performance Teacher at SMP Negeri 2 Sibolga. The population in this study were all teachers at the Junior High School (SMP) Negeri 2 Sibolga, amounting to 44 people. Methods of data collection using a questionnaire. Furthermore, validity and reliability tests were carried out. The data analysis technique used is multiple linear regression, hypothesis testing, and coefficient of determination. The results showed that: (a) The relationship between the variables of School Climate (X1) on teacher performance (Y) in the form of a regression equation Y = 29.213 + 0.229 X1. This means that if the school climate increases by 1 point, the teacher's performance will increase by 0.229 points at a constant 29.213, then Ha is accepted and Ho is rejected. (b) The form of the relationship between the variables of Work Motivation (X3) on teacher performance (Y) in the form of a regression equation Y = 21.772 + 0.501 X1. This means that if the Organizational Structure increases by 1 point, the teacher's performance will increase by 0.501 points at a constant of 21.772. So Ha is accepted and Ho is rejected. (c) The form of the relationship between the variables of Work Motivation (X3) on teacher performance (Y) in the form of a regression equation Y = 21.772 + 0.501 X1. This means that if the Organizational Structure increases by 1 point, the teacher's performance will increase by 0.501 points at a constant of 21.772. So Ha is accepted and Ho is rejected. (d) Because Fcount > Ftable or 12,088 > 2,840, Ha is accepted and Ho is rejected, so it can be concluded that there is an effect of School Climate, Organizational Structure and Organizational Structure together on the performance of SMP Negeri 2 Sibolga teachers.


Keywords


Iklim Sekolah, Struktur Organisasi, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Annisa, D. S., Fadilla, J. H., Ikram, M., & Hardianto, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Semangat Belajar Siswa di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(4), 2630.

Arikunto, S. (1993). Prosedure Penelitian. Jakarta PT.Rineka Cipta.

Bass, B.M. and Avolio, B.J. (1994). Improving Organizational Effectiveness through Transformational Leadership. Sage: Thousand Oaks.

Batubara, I. H., Sari, I. P., Andini, P., Jannah, M., Saragih, S., Sinaga, B., Lubis, B. S. (2022). Bibliometric Mapping on the Research Merdeka Belajar Using VosViewer. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 477486. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202207

Bernardin, J. dan Russell, J. (1998). Human Resource Management. Boston: Irwin Mc Graw-Hill.

Boyatzis, RE. (2008). Competencies in the 21st century. Dalam Journal of Management Development. [Online], Vol 27 (1). Tersedia: www.emeraldinsight.com/0262-1711.htm [15 September 2010].

Castetter, W. (2004). The Human Resource Function in Educational Administration. New Jersey: Prentice Hall.

Creswell, JW. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Dina, H., Elfrianto, Prasetia, I. (2021). The Influence of Principal Situational Leadership Style, Education and Training, Work Motivation on Teacher Performance. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, Vol 4, No 3. 229-232

Davis, Gary A. & Thomas, Margaret A. 1989. Effective Schools and Effective Teachers. Massachusetts: Ally and Bacon.

Dessler, G. (1998). Manajemen Sumber Daya Manusia (Terjemahan). Jakarta: Prenhallindo.

Dharma, (2008). Manajemen Prestasi Kerja, Rajawali Press.

Dharma, S. (2010). Tantangan Kepemimpinan Pendidikan Menghadapi Abad 21. Makalah pada TOT Education for Sustainable Development Berbasis Pendidikan Karakter Bangsa. Grand Permata Hotel Bandung 12-14 Oktober 2010.

Ginting, R., Akrim., Prasetia, I. (2021). Analisis Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sd 023893 Binjai. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 5 No 3, 23-43

Goldhaber et al (2011). Teacher Attitudes About Compensation Reform: Implications For Reform Implementation. Dalam Industrial & Labor Relations Review [Online]. Vol. 64 (3).

Greenberg J. & Baron RA. (1996). Behavior in Organizations: Understanding &Managing The Human Side of Work. Prentice Hall International Inc.

Hasibuan, M. (2001). Manjemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan, E & Prasetia, I. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT), Vol 1, No (1). 18-25

Ramadhani, K., & Azis, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 HELVETIA Medan T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1), 3440.

Rambe, T. M., Ananda, F., & Batubara, I. H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 3(1), 3443. https://doi.org/10.30596/jmes.v3i1.9468

Roe, WK. dan Miskel. (2001). Educational Administration. New York: Mc Graw Hill.

Yahya, J. (2001). Tema-Tema Pokok Sumber Daya Manusia. Jakarta: Insan Cendikia.

Sutrisno Hadi. (2016). Metode Wawancara dalam Metode-metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Gramedia.

Sastrohadiwiryo. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT Remaja RosdaKarya.

Siagian, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: RemajaRosdakarya.

Sagala, S. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: PT. Nimas Multima.

Siagan, SP. (2004). Kiat Meningkatkan Produktifitas Kerja. Jakarta, Rineka Cipta.

Yari, P.R. (2022) Pengaruh Struktur Organisasi, Pemberdayaan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMA Swasta Se Kecamatan Siantar Barat, Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, Vol 3 No 1, 1-8.

Yamin, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 2 Bagan Sinembah. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 7277.

Yuniarsih, C. dan Suwanto. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian. Bandung: Alfab




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i2.10047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.