Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Sikap Profesional Dengan Prilaku Kerja Guru SMP Negeri 1 Tapian Nauli Tapanuli Tengah

Mariati Mery Br. Barus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan kecerdasan emosional, sikap profesional dengan perilaku kerja guru di SMP Negeri Tapian Nauli Tapanuli Tengah. Dengan metode penelitian adalah kuantitatif jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang. Tehnik analisi data dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini data primer. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan angket. Metode analisa yang digunakan model regresi berganda. Untuk menguji hipotesis secara simultan digunakan dengan uji F. Dan secara parsial digunakan uji t. Hasil dari pengujian yang dilakukan dengan uji SPSS di peroleh dengan persamaanY=1,336+0,394X1+ 0,177 X2 berarti nilai konstanta sebesar1,336 yang menunjukkan bahwa apabila kecerdasan emosional dan sikap profesional di asumsikan bernilai nol,maka nilai perilaku kerja adalah sebesar 1,336.Jika variabel bebas meningkat 1% maka perilaku kerja akan meningkat. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai koefisien dari variabel kecerdasan emosional di peroleh 0,394 dengan probabilitas kemungkinan 0.00 lebih kecil dari tingkat keyakinan (level of siginifikant) ? = 0.05. variabel sikap profesional diperoleh 0.177 dengan probabilitas kemungkinan 0.00 lebih kecil dari tingkat keyakinan (level of siginifikant) ? = 0.05. maka keputusan yang diambil adalah menolak H0 dan menerima Ha artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kecerdasan Emosional dan Sikap Profesional secara bersama-sama dengan Perilaku Kerja Guru di SMP Negeri 1 Tapian Nauli Tapanuli Tengah.

ABSTRACT

This research aims to find out and analyze the relationship of emotional intelligence, professional attitudes with the work behavior of teachers in State Junior High School 1 Tapian Nauli Tapanuli Tengah. With the research method is quantitative the number of samples in this study is as many as 30 people. The technique of data analysis in this study is to use this type of quantitative research. The data in this study is primary data. Data collected using a questionnaire. The analysis method used by the multiple regression model. To test hypotheses simultaneously is used with the F test. The results of the test conducted with the SPSS test are obtained with the equation Y = 1,336 + 0.394X1 + 0.177 X2 means the constant value of 1,336 which shows that if emotional intelligence and professional attitudes are assumed to be zero, then the value of work behavior is 1,336. The results of the hypothesis show that the coefficient value of the emotional intelligence variable is obtained at 0.394 with a probability of a probability of 0.00 less than the confidence level (level of significantity) ? = 0.05. The professional attitude variable is obtained 0.177 with a probability of a probability of 0.00 less than the confidence level (level of significantity) ? = 0.05. The decision taken is to reject H0 and accept Ha means that there is a positive and significant relationship between Emotional Intelligence and Professional Attitudes together with the Work Behavior of Teachers in State Junior High School 1 Tapian Nauli Tapanuli Tengah.


Keywords


Emotional Intelligence, Professional Attitudes, Behavior Teacher's work

Full Text:

PDF

References


Agung, Kurniawan, (2005). Transformasi Pelayanan Publik, Yogyakarta ,Penerbit. Pembaharuan.

Annisa, D. S., Fadilla, J. H., Ikram, M., & Hardianto, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Semangat Belajar Siswa di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(4), 2630.

Anwar Prabu Mangkunegara dan, Mela Puspitasari, (2015) Kecerdasan Emosi, Stres Kerja, Dan Kinerja Guru SMA, file:///C:/Users/hp/Downloads/7491-19169-2-PB.pdf diakses pada tanggal 15 januari 2021

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta.

Asmani (2011). Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan,Jakarta,Diva Press.

Azwar S. (2011). dalam http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/121/jtptunimus-gdl-kikaaldela-6006-2-babii.pdf diakses pada tanggal 16 januari 2021

Batubara, I. H., Sari, I. P., Andini, P., Jannah, M., Saragih, S., Sinaga, B.,Lubis, B. S. (2022). Bibliometric Mapping on the Research Merdeka Belajar Using VosViewer. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 477486. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202207

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Kata Kunci: Kretivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Biblio Counts, 1(2), 4353. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077

Bimo, Walgito. (2008). Pengantar PsikologiPendidikan,Bandung,Remaja Rosdakarya.

Budi, Rajab. (2002). Profesionalisme Dalam Peralihan Peradaban. Jakarta,Gramedia Pustaka Utama.

Chairunnisa firaz. (2015), Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Kerja Karyawan Penderita Aging Disease Di Pt Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant.https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/viewFile/12757/12370 diakses pada tangga l 16 januari 2021

Eliya, Sartika (2014). Pengaruh Sikap Profesional, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Sungai Penuh.http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jrmbp/article/view/4198/3313. Diakses pada tanggal 15 januari 2021

Goleman, D, (2007).Kecerdasan emosional, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hartono, (2011). Metodologi Penelitian,Pekanbaru, Zafana.

Kreitner, R. & Kinicki A, (2000). Organizational Behavior 5th edition, Boston, Mc Graw-Hill.

Lannidar S H, Prasetia, I. (2021). Pengaruh Pemberdayaan, Kualitas Kehidupan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK di Padang Lawas. Thesis. Umsu. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/viewFile/7701/5787 diakses pada tanggal 17 Agustus 2021

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi (1995). Metode Penelitian Survai, Jakarta,LPBS, Bumi Aksara.

Mubayidh, D. R. & Makmun, (2006), Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Aanak Referensi Penting bagi Para Pendidik dan Orang Tua. Jakarta,Pustaka Kautsar.

Mulyana, E, (2008). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Prasetia, Indra. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Optimis Akademik, Pemberdayaan dan Motivasi Kerja Terhadap Efektivitas SMP Negeri Medan. Doctoral thesis, UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/42210/ diakses pada tanggal 17 Agustus 2021

Prasetia. I , Milfayetty, S & Rosmala. (2020). The Effect OfTransformational Leadership And Academic Optimism Culture On Teacher Empowerment And Motivation Along Its Impact On The Effectiveness Of Medan State Junior High School. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijlres/article/viewFile/7973/3707 diakses pada tanggal 26 Agustus 2021

Ramadhani, K., & Azis, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 HELVETIA Medan T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1), 3440.

Rambe, T. M., Ananda, F., & Batubara, I. H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 3(1), 3443. https://doi.org/10.30596/jmes.v3i1.9468

Robbins, P. Stephen (2002), Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima, Diterjemahkan oleh: Halida, S.E dan Dewi Sartika, S.S. Erlangga, Jakarta.

Shapiro, (2001). Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak.,Jakarta: Gramedia.

Sudjana, (2005). Metoda Statistika, Bandung: Tarsito.

Sugiyono, (2016). Statistika untuk Penelitian, Bandung: CV Alfabeta.

Sulhati, S. (2020). Penataan Manajemen Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 1(3), 1522. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/5692

Waryanti, Sesilia Dwi Rini and Ratnawati, Intan (2011). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empiris pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Semarang), Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/32446/ diakss pada tanggal 15 januari 2021

Zohar, D. Marshall, I, (2007). SQ Kecerdasan Spiritual, Bandung: Mizan.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i2.10048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.