Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Layanan Akademik Di Perguruan Tinggi

Tetty Muharni

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statitstik non parametrik. Data-data penelitian yang penulis kumpulkan bersumber dari responden penelitian yakni mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei melalui angket yang diberikan kepada mahasiswa di 39 perguruan tinggi swasta (universitas) yang ada dilingkungan Lldikti wilayah 1 berjumlah 79 orang mahasiswa berkaitan dengan job diskription dan hasil kerja pengelolaan layanan akademik di perguruan tinggi. Variabel factor kompetensi applied learning (factor 1 adalah 0,774 dan factor 2 adalah -0,89), factor integrity (factor 1 adalah -0,760 dan factor 2 adalah 0,196), factor impact (factor 1 adalah 0,703 dan factor 2 adalah 0,407), factor initiating (factor 1 adalah 0,660 dan factor 2 adalah 0,334) dan follow up (factor 1 dalah -0,337 dan factor 2 adalah 0,855) sehinnga memberi kontribusi kepada kinerja pelayanan pendidikan di perguruan tinggi swasta.

ABSTRACT

This research is a quantitative research with non-parametric statistical analysis techniques. The research data collected came from research respondents, namely students. The data collection in this study used a survey through a questionnaire given to students in 39 private universities (universities) in the Lldikti area 1 again 79 students related to job descriptions and work results in managing academic services at universities. The applied learning competency factors (factor 1 is 0.774 and factor 2 is -0.89), integrity factor (factor 1 is -0.760 and factor 2 is 0.196), impact factor (factor 1 is 0.703 and factor 2 is 0.407), initiating factor (factor 1 was 0.660 and factor 2 was 0.334) and follow-up (factor 1 was -0.337 and factor 2 was 0.855) thus contributing to the performance of educational services in private universities.



Keywords


Analisis Faktor, Kinerja Layanan Akademik, Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Colquitt, LePine, Jason, L. & Dikson. (2009). Organizational Behavior. Harper and Row : New York.

Dubois, D.D. (1993). Competency Based Performance Improvement : A Startegy for Organizational Change. USA : HRD Pres, Inc.

Griffin, Ricky. W (2002). Manajemen. Jakarta : Erlangga.

Hardjosoedarmo, Soewarso. (2004). Total Quality Management. Andi : Yogyakarta.

Indah, T. A., & Sulhati, S. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi di SMP Taman Asuhan Kota Pematang Siantar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar …, 1(2), 10–15. Retrieved from http://journal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/10-15

Ivancevich et al (2007). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.

Kessler, R. (2009). Competency Based Performance Reviews : How to Performance Employee Evaluations the Future 500 way. USA : The Career Pres, Inc

Lasfiani, E. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Variasi Pada Mahasiswa Semester 6 Pgsd Universitas. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(2), 139–145.

Lunenburg, Fred C & Orstein, Allan C (2000). Educational Administrasi, concepts and practices. Wadsworth. Thomson Learning.

Luthans, Fred (2005). Perilaku Organisasi. CV. Andi : Yogyakarta.

Manopo, Christine (2010). Competency Based Talent and Performance Management System. Salemba Empat : Jakarta.

Prasetia, Indra., Akrim., & Pratiwi, S.P. (2020). Lecturer Competency Development Model in Designing a Line Learning Resources in University of Muhammadiyah Sumatera Utara. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), Vol 3 No 4.

Robbins, Stephen dan Coulter, Marry (2007). Manajemen. Erlangga. Jakarta

Robbins, Stephen dan Judge (2008). Essential of Organizational Behavior. Prentice Hall inc : San Diego.

Rudiansyah. (2020). Strategi Komunikasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 11(2), 116–125. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v11i2.172

Sagala, Saiful (2007). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta : Bandung.

Sallis, Edward. (2010). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Ircisod : Yogyakarta

Suharsaputra, Uhar. (2010) Administrasi Pendidikan. Refika Aditama : Bandung.

Spencer, L.M dan S.M. Spencer (1993). Competence at Work : Model for Superior Performance. New York : Wiley.

Slocum, Jonh W dan Hellriegel, Don (2009). Principles of Organizational Behavior. South-Western : Ohio.

Tola, S dan Furqon, D. (2010). Majamenen Pendidikan : Menuju Mutu Sekolah Unggul. Rineka Cipta : Jakarta

World Bank (1998) Education Quality Improvement Program, httw.Worldbank.com.

Tanjung, Desi Lawarni. 2019. “Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru MAN Binjai.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] 1(1): 1–9.

Wahyuni, Sri, and Ismail Hanif Batubara. 2021. “Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika.” Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT) 2(2): 1–4.

Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa [Relationship of discipline with student learning responsibilities]. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 692–697. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6226




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmp-dmt.v3i3.11000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

 

 
View My Stats