Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa PGSD UMPWR Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro

Prasita Prasita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keterampilan dasar mengajar mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo pada mata kuliah pembelajaran mikro. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 14 mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan adalah lembar rubrik penilaian keterampilan mengajar. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh mahasiswa antara lain: (1) keterampilan membuka dan menutup pembelajaran dengan nilai 54, (2) keterampilan menjelaskan pelajaran dengan nilai 61, (3) keterampilan bertanya dengan nilai 60, (4) keterampilan mengadakan variasi dengan nilai 58, (5) keterampilan memberikan penguatan dengan nilai 61, (6) keterampilan mengelola kelas dengan nilai 57, (7) keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan dengan nilai 65, (8) keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil dengan nilai 53. Sehingga keseluruan keterampilan mengajar mahasiswa dikatagorikan baik. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pembelajaran mikro, diharapkan mengetahui keterampilan dasar mengajar. Sehingga mahasiswa siap untuk melaksanakan praktek mengajar langsung ke sekolah.

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the basic skills of teaching PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo students in micro learning courses. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. The research subjects consisted of 14 students from the 2018 batch of the Elementary School Teacher Education Study Program. The instrument used is a rubric sheet for assessing teaching skills. The data analysis technique uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results obtained by students include: (1) opening and closing learning skills with a score of 54, (2) explaining learning skills with a score of 61, (3) questioning skills with a score of 60, (4) skills in conducting variations with a value of 58, ( 5) reinforcement skills with a score of 61, (6) classroom management skills with a score of 57, (7) small group and individual teaching skills with a score of 65, (8) skills in leading small group discussions with a value of 53. So that all student teaching skills are categorized "good". Students who take micro learning courses are expected to know basic teaching skills. So that students are ready to carry out teaching practices directly to school.



Keywords


Keterampilan Dasar Mengajar, Mahasiswa PGSD, Pembelajaran Mikro

Full Text:

PDF

References


Abor, A. (2017). Psikologi Pendidikan. Pt Tiarawanca.

Agustina, P., & Saputra, A. (2017). Profil Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Microteaching. Jurnal Bioedukatika Vol. 5 No. 1, 18-28

Budiyasa, W. (2020). Analisis Kemampuan Menyusun Rpp Kurikulum 2013 dan Kemampuan Mengajar Pada Saat Praktik Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP PGRI Bali. Jurnal Widyadari Vol. 21 No. 2 487-499 https://doi.org/10.5281/zenodo.4048953

Desnita, D., & Susanti, D. (2017). Science Process Skills-Based Integrated Instructional Materials to Improve Student Competence Physics Education Prepares Learning Plans on Teaching Skills Lectures. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 35-42.

Herdi., Abbas, M. F. F., & Destina Kasriyati, D. (2021). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Sistem Pengelolaan Microteaching dengan Siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEPP). Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1162

Kurniawan, A., & Masjudin. (2017). Implementasi Buku Ajara Microteaching Berbasis Praktek untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru. JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol. 3 No. 2. https://dx.doi.org/10.36312/jime.v3i2.267

Ngazizah, N., Safitri, D., & Hadi, A. S. (2019). Evaluasi Keterampilan Mengajar Mahasiswa PGSD Semester VI Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal: URECOL (Univercity Research Colloquium) https://doi.org/10.18196/mht.2217

Rhamayanti, Y. (2018). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasisiwa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Matematika. EKSAKTA Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, Volume 3, 65-72. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.202-209

Sari, P. P., Ngazizah, N., & Linda, R. F.C. (2021). Kaitan Antara Media Berbasis Kearifan Lokal dan Kemampuan Literasi Sains Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar Vol. 3

Sundari, F. S., & Muliyawati, Y. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1.No. 1, 26-36

Wijayani & Ilma. (2017). Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Bornoe Tarakan Sebagai Calon Guru Melalui Kegiatan PPL. April, 149159. https://doi.org/10.22219/Jpbi.V3i2.4311




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i3.11369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.