Manajemen Full Day School Dalam Meningkatkan Kreatifitas Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan

Siti Ruhil Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manajemen Full day school dalam meningkatkan kreativitas guru, dan (2) peningkatan minat belajar siswa dan kreativitas guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Medan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan Quality checklist, observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) manajemen Full day school yang diterapkan oleh MAN 2 Medan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan kreativitas guru. Hal ini dilihat dari unsur-unsur utama komponen manajemen mutu terpadu yang terpenuhi dalam pengelolaan program Full day school. (2) salah satu kelebihan dari manajemen Full day school untuk siswa yaitu kegiatan anak disekolah dapat terkontrol namun kekurangannya tingkat stress menjadi lebih tinggi dan kelebihannya untuk guru yaitu, guru dapat lebih kreatif dalam mengimplementasikan perencanaan pembelajaran, namun kekurangannya guru sulit mengatur siswa yang sudah bosan mengikuti pembelajaran.

Kata Kunci : Manajemen Full Day School, Kraetifitas Guru.


Full Text:

PDF

References


Evans, James R. (1991). Creative Thinking in the Decision and Management Sciences. Cincinnati: South-Western

Publishing Co.

Goetsch, D.L & Davis, S. (1994). Quality Management For Organizational Excellence: Introduvtion to Total Quality. NJ:

Printice Hall International, Inc.

Hasan, Nor. (2006). Full day school (Metode Alternatif Pembelajaran Bahasa Asing). Jurnal Tadris, Vol 01 No

: 109 118.

Hermawan. (2010). Problematika Penyelenggaraan Full day school (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta

Tahun 2009/2010. Surakarta. Skripsi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Maria T, W; Manalu, H; Manurung, L & Kariani S, R. (2019). Menganalisa Pengaruh Penerapan Full day school

Terhadap Minat Belaja Matematika Siswa di SMA Primbana Medan. MathEducation Nusantara. Vol 02 No 02.: 113-119.

Muhaimin. (2009). Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Moh. Uzer Usman. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Sulistyaningsih, Wiwik, (2008). Full day school & Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Paradigma

Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna, N. (2018). Pengaruh Manajemen Pembelajaran Full day school Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan

Pengalaman Nilai-nilai Islam Siswa. Khazanah Akademia, Vol 02 No 01: 52-62

Zainuddin, A.M.(2016). Efektivitas Pembelajaran Full day school Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Akademika, Vol. 10 No 01: 135-150.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i3.5670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.