Analisis Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Manajemen Sekolah
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan data dengan menggunakan observasi kelapangan, wawancara dan dokumentasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah yang dianggap efektif meningkatkan kinerja manajemen sekolah. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah sangat menentukan kemajuan suatu pendidikan yang ada di sekolah. Kepala sekolah yang efektif menghasilkan inovasi dalam kepemimpinananya. Kemamupaun kepala sekolah dalam mengolah, memimpin, mengendalikan dan mendelegasikan menghasilkan sekolah yang bermutu. Kecakapan dan kebijaksanaan kepemimpinan kepala sekolah yang merupakan salah satu aspek pemimpin pendidikan yang efektif. Karena kepala sekolah merupakan seorang pejabat yang profesional dalam organisasi sekolah yang bertugas mengatur semua sumber organisasi dan bekerjasama dengan guru-guru dalam mendidik siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan keprofesionalan kepala sekolah ini, pengembangan profesionalisme tenaga kependidikan mudah dilakukan karena sesuai dengan fungsinya, kepala sekolah memahami kebutuhan sekolah yang di pimpin sehingga kompetensi guru tidak hanya mandeg pada kompetensi yang di miliki sebelumnya, melainkan bertambah dan berkembang dengan baik sehingga profesionalisme guru akan terwujud. Karena tenaga kependidikan profesional tidak hanya menguasai bidang ilmu, bahan ajar, dan metode yang tepat, akan tetapi mampu memotivasi peserta didik, memiliki keterampilan yang tinggi dan wawasan yang luas terhadap dunia pendidikan.
Kata kunci : Gaya Kepemimpinan, Pelaksanaan Manajemen Sekolah
Full Text:
PDFReferences
Engkoswara dan Komariah, A. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Gurr, David. (2015), A Model Successful School Leadership From The International Successful School Principalship Project (Case Study : Australia, Canada, China,Denmark, England, Norway, and Sweden), Journal Societies, 136-150, Universitas Melbourne.
Komariah. A, dan triatna, C, (2008). Visionari leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara
Lunenburg, Fred C & Orstein, Allan C (2000). Educational Administrasi, concepts and practices. Wadsworth. Thomson Learning
Prasetia, I,. Syamsuyurnita, Isman, M., & Amini. The Design of Management System through Using Total Quality Education Service at Some Schools in Medan. IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering (IOSR-JMCE), Volume 14, Issue 5 Ver. V (Sep. - Oct. 2017), PP 46-55
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.
Tola, S dan Furqon, D. (2010). Majamenen Pendidikan : Menuju Mutu Sekolah Unggul. Rineka Cipta : Jakarta
Usman, Husaini. (2013). Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wadjosumdjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo.
Wirjana, B,R. dan Supardo. (2006). Kepemimpinan (Dasar-Dasar dan Pengembangannya), Edisi 11. Yogyakarta: CV. Andi OFFSET
Yulk, G, (1994) Kepemimpinan Dalam Orgasasi . alih bahasa: Yusuf udaya. Jakarta: prehallino
DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i3.5671
Refbacks
- There are currently no refbacks.