Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi di SMP Taman Asuhan Kota Pematang Siantar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Manajemen Perpustakaan Sekolah dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Peserta Didik SMP Taman Asuhan Kota Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif, dengan menggambarkan dan menguraikan pelaksanaan manajemen perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan budaya literasi peserta didik yang telah dilaksanakan di SMP Taman Asuhan Kota Pematangsiantar yang meliputi Perencanaan, organisasi, pelaksanaan, dan pengawasan. Dalam mendapatkan hasil penelitian dan data, peneliti menggunakan teknik wawancara dan observasi. Kemudian data tersebut dianalisa sedemikian rupa, sehingga menjadi sebuah penelitian kualitatif. Dari pembahasan dan deskripsi data yang telah dilakukan, penelitian ini menyimpulkan bahwa Manajemen yang dilaksanakan dalam perpustakaan sekolah SMP Taman Asuhan Kota Pematangsiantar telah melaksanakan proses perencanaan, organisasi, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah, para pendidik, dan pustakawan. Dengan demikian, program Gerakan Literasi Sekolah akan terlaksana dan proses menumbuhkan budaya literasi peserta didik SMP Taman Asuhan Kota Pematangsiantar mulai berjalan sesuai harapan.
Full Text:
PDFReferences
Alberta. (2010). Literacy First: APlan For Action. Canada: Alberta Education
Anoraga Pandji. (2009). Manajemen Bisnis. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsidi dkk. (2012). Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Jakarta
Bafadal. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja, Jakarta: Grasindo
Iskandar. (2016). Manajemen dan Budaya Perpustakaan. Bandung: Refika Aditama
Siagian, S.P. (2010). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang No.43 tahun 2007 tentang Layanan Perpustakaan dalam BAB V Pasal 14
DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i2.6778
Refbacks
- There are currently no refbacks.