Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Taman Asuhan Kota Pematangsiantar

Erni Purwanti

Abstract


Secara keseluruhan penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui teknik dan kepemimpinan seorang kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Taman Asuhan Pematangsiantar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pedagogis,psikologis, sosiologis, dan manajerial. Dalam memaparkan data dan hasil penelitian di lokasi, peneliti menggunakan beberapa instrumen yang digunakan. Instrumen tersebut adalah wawancara,dokumentasi serta observasi. Cara tersebut dilakukan untuk mendapatkan data primer maupun sekunder. Data penelitian juga dianalisis deduktif dan induktif dan tentunya menggunakan metode yang terukur dan relevan. Dalam penelitian ini narasumber yang dapat memberikan informasi untuk data adalah melalui guru, kepala sekolah maupun peserta didik. Dan prosedur serta teknik pengumpulan data juga dilakukan dengan melakukan wawancara (interview) untuk mendapatkan data dan informasi tentang lisan atau perkataan (verbal), observation atau pengamatan untuk mendapatkan pemahaman atas tindakan, serta sikap yang terjadi, dan menggunakan dokumentasi dalam menemukan dan mengumpulkan data melalui foto, dokumentasi maupun rekaman. Hasil penelitian ini adalah bahwasanya gaya kepemimpinan kepala sekolah sangat mempengaruhi kinerja guru dalam menjalankan tugasnya mengajar. Gaya kepemimpinan yang kharismatik, selalu menghargai dan turut berpartisipasi membuat para guru merasa dipedulikan dan senang dalam menjalankan tugas. Rasa kekeluargaan menjadi semangat baru dalam bekerja. Selain itu penerapan manajemen kelas juga berpengaruh dapat meningkatkan kinerja guru karena dengan pemahaman yang baik tentang manajemen kelas membuat guru menjadi memahami pengelolaan dan pengorganisasian kelas. Penggunaan metode dan perencanaan pembelajaran menjadikan guru dapat meningkatkan kinerja dan kompetensinya dalam mengajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2001, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Anzizan, Syarifuddin, 2004, Sistem Pengambilan Keputusan Dalam Pendidikan,

Grasindo, Jakarta

Arifin Imron, 1994, Penelitian Kualitatif dalam Bidang Ilmu-Ilmu Sosial Dan

keagamaan, Kalimasada Press , Malang.

As,ad Muhammad, 1995, Psikologi Industri, Liberty,Yogyakarta

Baharudin dan Umiarso, 1994., Analisis Administrasi dan manajemen kepemimpinanPendidikan, Jakarta, Penerbit Bumi Kasara, 1994.

Baharudin dan Umiarso, 2012, Kepemimpinan Pendidikan Islam : Antara Teori danPraktik, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Barizi, Ahmad, 2009, Menjadi Guru Unggul: Bagaimana Menciptakan pelajaran YangProduktif dan Profesional, Ar-ruzz media, Yogyakarta

Bakri, masyukuri (Ed), 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, teoritis dan Praktis, VisiPress,Malang,

Bungin, Burhan,2007, Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologi Ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Daryanto, 2001, Administrasi pendidikan, PT Rineka Cipta, Jakarta Danim S,2000, Inovasi Pendidikan, CV. Rineka Cipta, Bandung

Danim S,2005, Visi Baru Manajemen, Bumi Aksara,Jakarta

Danim S, 2011, Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran, Yogyakarta, GavaMedia, Yogyakarta.

Departemen Agama republik Indonesia, 1992, Alquran dan Terjemahannya, CV AsSyifa,Semarang

Departemen Agama, 2001, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, dirjen pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005, Instrumen Penilaian Kinerja DepartemenPendidikan Nasional, Dikdasmen, Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional, 2007, Sertifikasi Guru Dalam Jabatan: Materi

Sosialisasi Sertifikasi Guru, Bangkalan

Depdikbud RI, 1994, Pedoman Pembinaan Profesional Pendidik Sekolah Dasar,

Direktoral Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah,Jakarta

Donald Ary et al, 1982, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, ter. Arief Furchan.Usaha Nasional, Surabaya

E. Mulyasa, 2009, Manajemen Berbasis Sekolah, PT remaja Rosdakarya Bandung

E. Mulyasa, 2004, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi, Remaja Rosda Karya, Bandung

E. Mulyasa, 2007, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT Remaja Rosda Karya, cet Ke- VII,Bandung

E. Mulyasa,2007Menjadi Kepala Sekolah Profesional, PT Remaja Rosdakarya,

Bandung

E. Mulyasa,2007, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, PT Remaja Rosdakarya,Bandung

Effendy, Mochtar, 1986, Manajemen; Suatu Pendekatan berdasarkan Ajaran Islam,Jakarta PT. Bhatara Karya,Jakarta

Faisal Sanapiah, 1992, Penelitian Kualitatif, Dasar- Dasar dan Aplikasi, Malang YA3,Malang

Furchan, Arief, 1992, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Surabaya: Usaha

Nasional, Surabaya

H.A.R. Tilar, 2001, Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, Jakarta.

H.B Sutopo,2012, Pengumpulan Dan Pengelolahan Data Dalam penelitian Kualitatif(Metodelogi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis Dan Praktis) Malang : Lembaga penelitian Universitas Islam Malang, Malang

Hamalik, Oemar,2006, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung PT RemajaRosdakarya, 2006

Hasibuan, Malayu. S.P, 2001, Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah, Bumi

Aksara,Jakarta

Huberman dan Miles, 1994. M.B, Qualitative Data Analysis, ter. Tjetjep Rohendi

Rohidi, UI Press, Jakarta

Ibrahim dan Nana, S, 1989, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Sinar Baru,

Bandung

Jon jamen dan Waltesr, Donar, 2008, Human resources Management in Education:manajemen sumber Daya manusia dalam Pendidikan., Q MediaYogyakarta

Kadi, 2010, Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Partisipasikerja Guru, Malang UIN Maulana Malik Ibrahim,Malang

Lazarut. Soewandji,1994, Kepala Sekolah dan Tanggungjawabnya. KanisiusYogyakarta

Maruf Asmani, 2009, Jamal Manajemen pengelolaan dan kepemimpinan PendidikanProfesional: paduan Quality Control Bagi Pelaku Lembaga Pendidikan, Diva Press 2009, Yogyakarta.

Makhfud, 2010, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan

Kinerja Guru, UIN Maulana Malik Ibrahim,Malang

Masrokan Mutohar, Prim, 2014, Manajemen Mutu Sekolah, Ar Ruzz Media,

Yogyakarta:

Mitchell, T.R, 1978, People ini Organizational Understanding The behavior, terj.

Sodarmayanti, (Kogakhusa, McGraw-Hili, Kogakhusa.

Moleong, Lexy J, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung Remaja

Rosdakarya, Bandung

Mulyadi, Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen, Jakarta Salemba Empat,2007.

Munir, Abdulloh Munir,2008, Menjadi Kepala Sekolah Efektif, Ar Ruzz Media

Yogyakarta.

Nata, Abudin, 2001, Paradigma Pendidikan Islam : Kapita Selecta Pendidikan Islam,Jakarta PT Gramedia,Jakarta.

Nawawi, Hadari,1983,Administrasi Pendidikan. Jakarta PT Gunung Agung,Jakarta

Nawawi, Hadari, 2003, Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahdan Ilustrasi di Bidang Pendidikan Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2003.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tentang Standart Kepala

Sekolah/Madrasah, 2007.

Qomar Mujamil, 2008, Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: Erlangga, Surabaya

Raharjo, Muhamad Muiz,2011, Manajemem Sumber daya Manusia yang Unggul,

Cerdas dan Berkarakter Islami. Yogyakarta Gava Media.Yogyakarta

Rini Ani, Puspa, , 2012., Supervisi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru PAI, Malang UIN Maulana Malik Ibrahim,Malang

Robbins, Stephen R Robbins, 2003, Perilaku Organisasi Jilid , terjemahan Tim indek,PT Indeks Kelompok Gramedia,Jakarta;

S. Margono, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, Cet v ,Jakarta.

S. Nasution, 1988, Metodologi Naturalistik Kualitatif, TarsitoBandung. Sagala,

Saiful, 2000, Adminstrasi Pendidikan Kontemporer, Alfabeta, Bandung 2000.

Sakdan, 2012, Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan Mutu Guru, Malang, UIN Maulana malik Ibrahim,

Sardimana A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta Raja Grafindo

Persada, Malang

Siaginan, Sondang PP, 1992, Fungsi-Fungsi Manajerial, Bumi Aksara,Jakarta

Sudrajad, Akhmad, 2020, Kemampuan Manjerial Kepala Sekolah diakses pada tanggal 12 februari 2020.

Sugiono,2007, Memahami Penelitian Kualitatif,Alphabeta,Bandung Sulistyarini,2006, Manajemen Pendidikan Islam, Elkaf, Surabaya

Sulistyarini, 2001, Hubungan Antara Manajerial kepala Sekolah dan Iklim

organisasi dengan Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan 28 No 1, 2001.

Sumanto, Wasty dan Soetopo, Hidayat,2009, Kepemimpinan dalam Pendidikan,UsahaNasional,Surabaya

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Kepribadian, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2002.

Sutopo, 2001, Administrasi, Manajemen dan Organisasi, Lembaga Administrasi

Negara, Jakarta

Syaifuddin, 2001, Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Syaifuddin, 2002, Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan, Jakarta: Grasindo Gramedia, Widia Sarana Indonesia, Jakarta.

Tantowi, Jawhir, 1983, Unsur-unsur Manajemen Menurut Ajaran Al-Quran, Jakarta:Pustaka Al HusnaJakarta

Taha, M.Chabib, Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta Rajawali Pers, 1991.

Tim Dosen,2012,Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia,Manajemen Pendidikan Alfhabeta, Bandung:

Usman, Moh. User,1992, Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya,Bandung:UU RI No 20 Tahun 2003 Tnetang Sistem Pendidikan Nasional 2003 BesertaPenjelasanya, Fokus Media,Bandung,

W. Matja, Etnografi 2003, Desain Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan. Malang: Winaka Media,Malang

Wahdjosumijo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta PT Raja Grafindo Persada,1999.

Wahdjosumijo, 2011, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan

Permasalahannya, PT Raja Grafindo Persada,Jakarta

Wexly dan Yuki, 1992, Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, PT Bina Aksara,Jakarta

Wibowo Ari, 2013, Peran Kepala Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Partisipasi Kerja Guru. STAI Diponegoro, Tulungagung

Widjaya, AW, 1987, Perencanaan Sebagai Fungsi Manajemen. PT Bina Ksara, Jakarta

YS. Lincoln &Guban E.G, Naturalistic Inguery. Beverly Hill: Savage Publication, Inc,1985.

Yamin, Martinis,2006,Sertifikasi Keguruan di Indonesia. Gung Persada Press,Jakarta

Zainul Fitri, Agus,2013.Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta, 2013.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i2.6779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.