Evaluasi Ketrampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan Mahasiswa PGSD Semester VI Tahun Akademik 2020/2021

hanifah eci

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan yang dimiliki mahasiswa PGSD semester 6 kelas B tahun akademik 2020/2021 pada mata kuliah microteaching. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, maka peneliti membagi menjadi tiga tahapan. Tahapan tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Tahap pertama yaitu perencanaan, pada tahap ini mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan digunakan dalam pembelajaran microteaching. Tahap kedua yaitu pelaksanaan, mahasiswa mengajar mengguankan RPP yang telah dibuat. Tahap ketiga yaitu evaluasi, saat salah satu mahasiswa melaksanakan kegiatan mengajar, maka mahasiswa lain memberikan penilaian dengan mengisi angket. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang peneliti sampaikan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata mahasiswa microteaching kelas B PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun akademik 2020/2021 dalam penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan memperoleh presentase 68,9% yang berkategorikan baik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i2.6967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.