Analisis Manajemen Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas

Ida Purwari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan dana BOS di SD Negeri Hutaraja ditinjau dari aspek perencanaan, pemanfaatan dan pelaporan serta pengawasannya, dan mengetahui apakah manajemen pengelolaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) di Sekolah Dasar Negeri Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas sudah efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan. Temuan penelitian ini menjelaskan program dana bantuan operasioanal sekolah (BOS) tersebut maka keuangan dari pihak sekolah SD Negeri di Kecamatan Hutaraja Tinggi setiap tahun anggarannya bertambah dan bermanfaat bagi sekolah, dimana pertambahan anggaran tersebut sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 51 tahun 2011 tentang petunjuk teknis penggunaan dana BOS dan laporan keuangan BOS Tahun Anggaran 2019. Ada partisipasi pihak-pihak yang berkepentingan (kepala sekolah, orang tua murid, tokoh masyarakat, pemerhati pendidikan, dunia usaha, dan anggota masyarakat lainnya) untuk andil secara insentif dalam pengelolaan dana BOS. Perencanaan penggunaan dana BOS di SD Negeri Kecamatan Hutaraja Tinggi, dilakukan adalah menyusun RKTS. RKTS merupakan rencana perolehan pembiayaan pendidikan dari berbagai sumber pendapatan serta susunan program kerja tahunan yang terdiri dari sejumlah kegiatan rutin serta beberapa kegiatan lainnya disertai rincian rencana pembiayaannya dalam satu tahun anggaran. Penggunaan dana BOS di SD Negeri Kecamatan Hutaraja Tinggi, terlaksana dengan baik dan efektif untuk menunjang mutu pendidikan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i4.7011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.