Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika

Sri Wahyuni, Ismail Hanif Batubara

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penerapan literasi terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika dan untuk mengetahui efektivitas penerapan literasi terhadap motivasi mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrument tes hasil belajar mata kuliah kurikulum dan pembelajaran, dan refleksi di akhir pembelajaran. Tes dihitung menggunakan nilai rata-rata, dan motivasi dilihat dari hasi refleksi pembelajaran dengan menganalisis jawaban-jawaban mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara tahun 2019. Penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa yaitu 81.07 dengan menggunakan model pembelajaran literasi. Penelitian ini juga menghasilkan motivasi yang tinggi dilihat dari hasil ananlisis jawaban mahasiswa pada refleksi. Hal ini berarti pembelajaran literasi efektive terhadap hasil belajar dan motivasi mahasiswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i2.7103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.