Keterampilan Mahasiswa PGSD Semester VI Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola kelas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata kata tertulis maupun lisan dari perilaku orang yang diamati. Keterampilan mengelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal. Tujuan pengelolaan kelas adalah agar setiap anak di kelas dapat bekerja dengan tertib sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tahap pertama yang dilakukan adalah perencanaan, dalam tahap perencanaan mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan mereka gunakan dalam pembelajaran mikro. Selanjutnya adalah tahap pelaksanaan, mahasiswa mengajar mengunakan RPP yang telah dibuat kepada kelas mikro. Tahap terakhir adalah evalasi, pada saat mahasiswa yang melaksanakan kegiatan mengajar, mahasiswa yang lain memberikan penilaiannya dengan angket.
Kata kunci: Keterampilan Guru dan Pengelolaan Kelas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i4.7450
Refbacks
- There are currently no refbacks.