Relevansi Pengetahuan Kepemimpinan Dan Komunikasi Organisasi Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru PKn SMA Muhammadiyah 1 Medan

Hotma Siregar, Sri Nurabdiah Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan kepemimpinan dan komunikasi organisasi yang dimiliki Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Medan dalam mengelola sekolahnya. Hal ini sangat penting, karena ketidakmampuan pemimpin pendidikan dalam menjalankan kepemimpinannya akan berakibat langsung pada pencapaian tujuan yang diharapkan seperti kualitas tenaga pengajar (guru) dan kualitas lulusan (murid), karena pemimpin pendidikan merupakan ujung tombak keberhasilan lembaganya. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan harus menjalankan tugas yang diembankan kepadanya sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada relevansi antara pengetahuan kepemimpinan dan komunikasi organisasi yang dimiliki Kepala Sekolah dengan profesionalisme guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dasar ini adalah dengan melakukan dokumentasi yaitu mengumpukan informasi dari sekolah termasuk tentang tentang data guru-guru, observasi (pengamatan) yaitu untuk melihat kondisi sebenarnya hubungan antara kepala sekolah dengan guru-guru di sekolah SMA Muhammadiyah 1 Medan, wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah untuk menggali seluruh informasi yang berkaitan dengan tatalaksana kegiatan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja dan penyebaran angket, kepada guru yang berkaitan dengan komunikasi yang dilakukan dengan kepala sekolah. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif melalui uji korelasi dan regresi untuk menentukan tingkat hubungan antara variable X pengetahuan kepemimpinan dan komunikasi organisasi kepala sekolah) dengan variable Y ( profesionalisme guru) digunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat relevansi antara variabel bebas (X) pengetahuan kepemimpinan dan komunikasi organisasi dengan variabel terikat (Y) profesionalisme guru dengan nilai = 0,965 berada pada interval koefisien 0,80 1,000. artinya terdapat relevansi antara pengetahuan kepemimpinan dan komunikasi organisasi yang dimiliki kepala sekolah dengan profesionalisme guru dengan interprensi sangat kuat .


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i2.7910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.