Manajemen Peserta Didik di SMP Negeri 3 Sewon

Umi Rahmawati

Abstract


Administrasi kesiswaan berkaitan erat dengan keputusan administrasi sekolah mengenai perencanaan, penetapan persyaratan dan tata cara penerimaan siswa baru pada setiap tahun ajaran. Administrasi kesiswaan berkaitan dengan pengaturan dan pengaturan segala kegiatan yang berkaitan dengan siswa dari masuknya mahasiswa hingga wisuda. Pengelolaan siswa bukan hanya sekedar mengumpulkan data siswa untuk , tetapi mencakup aspek yang lebih luas yang dapat mendukung upaya pertumbuhan anak melalui proses pendidikan di sekolah. Oleh karena itu, dilakukan studi lapangan di SMP Negeri 3 Sewon untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan siswa yang dilakukan di sekolah tersebut Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian naturalistik dengan pendekatan kualitatif, salah satu guru SMP Negeri 3 Sewon. Dari hasil studi lapangan terkumpul data manajemen siswa di SMP Negeri 3 Sewon. Data tersebut meliputi prosedur penerimaan siswa baru, ada fase orientasi untuk siswa baru, bagaimana pembagian pelajaran, penilaian, pengembangan ekstrakurikuler seperti proses kelulusan dan dukungan disiplin siswa.


Keywords


Manajemen, Mananjemen Peserta Didik, SMP N 3 Sewon

Full Text:

PDF

References


Aprianto, I., Alhaddad, M. R., Fauzi, H., Gusvita, M., Sahroni,

Nasution, F., & Sopian, A. (2020). Manajemen Peserta Didik. (Zulqamain,Ed.). Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha. Diambil dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=3Pv3DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=manajemen+peserta+didik+dalam+pembinaan&ots=FbKgejg47V&sig=6YcQYzoMvQaYRHa7fIz8kBW-mHQ&redir_esc=y#v=onepage&q=manajemen peserta didik dalam pembinaan&f=false

Diantoro, F. (2018). Manajemen peserta didik dalam pembinaan perilaku keberagamaan, 16(2), 409426.

Indrawan, I., Jauhari, & Pedinata, E. (2021). Manajemen Peserta Didik. Jawa Timur: Penerbit Qiara Media.

Nurjanah, A. F., Karimah, N., & Wahyuningsih, A. (2019). Manajemen Peserta Didik di Smk Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 254265.

Pratiwi, S. I., Kristen, U., Wacana, S., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa sd, 2(1), 6270.

Rifai, M. (2018). Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran). (R. Ananda & M. Fadhli,Ed.) (Cetakan Pe). Medan: CV. Widya Puspita. Diambil dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5z0rEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP2&dq=manajemen+peserta+didik&ots=jXcBd3AbZo&sig=_7guvnxK1IUtakuHgopjuxefoIs&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Peserta Didik (Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan). (R. Harfiani,Ed.). Medan: Umsu Press.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i4.8706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.