Faktor Pendidikan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid 19

Deliati Deliati

Abstract


Pendidikan orang tua adalah proses mengubah cara berpikir atau perilaku secara intelektual dan emosional. Pendidikan orang tua di rumah merupakan hal yang sangat dibutuhkan anak dalam mencapai keberhasilan dalam belajar di rumah selama BDR. Di masa pandemi ini, kegiatan belajar mengajar dilakukan sesuai dengan perkembangan zaman. Itu sebabnya pendidikan orang tua yang sangat dominan sangat dibutuhkan anak untuk meningkatkan prestasi belajar anak di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan berbagai kendala dan mendeskripsikan pendidikan orang tua ketika mendampingi atau memberikan arahan kepada anaknya dalam belajar di rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi.Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan pencatatan. Hasil penelitian ini menunjukkan berbagai kendala bagi orang tua dalam pembelajaran daring yaitu orang tua tidak memiliki android, orang tua tidak mampu mengoperasikan android, orang tua tidak sabar mendampingi anak belajar di rumah, orang tua tidak menguasai materi, pendidikan orang tua dan keluarga, aplikasi yang digunakan. Pembelajaran yang harus dihadapi harus kondusif dan dapat dipahami oleh orang tua dan anak. Melalui penelitian ini, tentunya peneliti berharap bagi orang tua betapa pentingnya pendidikan bagi kemajuan dan kesuksesan masa depan anak-anaknya. Sehingga pembelajaran daring atau luring semua akan berjalan lancar. kepada orang tua siswa setempat untuk memantau efektivitas pembelajaran daring selama pandemi Covid-19.

ABSTRACT

Parental education is a process of changing the way of thinking or behavior intellectually and emotionally. Parental education at home is something that children really need in achieving success in learning at home during BDR. In this pandemic, teaching and learning activities are carried out in accordance with the times. That's why the education of parents who are very dominant is needed by children to improve children's learning achievement at home. This study aims to find various obstacles and describe the education of parents when accompanying or giving direction to their children in learning at home. The method used in this research is the description method. Furthermore, the data collection techniques used were interview, observation, and note-taking techniques. The results of this study indicate various obstacles for parents in online learning, namely parents do not have android, parents are not able to operate android, parents cannot wait to accompany children to study at home, parents do not master the material, parent and family education, applications used . Learning that must be faced must be conducive and can be understood by parents and children. Through this research, of course, researchers hope for parents how important education is for the progress and success of their children's future. So that online or offline learning will all run smoothly. to parents of local students to monitor the effectiveness of online learning during the Covid-19 pandemic.


Keywords


Online Learning, Parental Education, Covid-19 Pandemic

Full Text:

PDF

References


Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152159. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1291

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 1317.

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 4353. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077

Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smk Di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(1), 116. https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6681

Lasfiani, E. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Variasi Pada Mahasiswa Semester 6 Pgsd Universitas. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(2), 139145.

Martinis Yamin, (2011), Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada

Moh. Haitami Salim & Syamsul Kurniawan,(2012), Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nasution, S. R. (2020). Manajemen Full Day School Dalam Meningkatkan Kreatifitas Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(3), 3035.

Prasojo, Lantip Diat, & Riyanto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantiatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sujarweni, Wiratna, V. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulasmi, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aspek Manajemen Minat Belajar Siswa PENDAHULUAN Pendidikan merupakan aspek yang memegang peran penting dalam kemajuan setiap bangsa , sudah seharusnya jika dunia pendidikan perlu dice. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT), 1(1), 1017. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3920

Umi Chulsum & Windy Novia, (2006), Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Surabaya:Kashiko,

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 14.

Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran Perempuan Dalam Keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4422




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i1.9058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.