Pengaruh Program Gerakan Literasi dan Sarana Perpustakaan Terhadap Budaya Literasi di Sekolah Dasar

Indra Prasetia, Emilda Sulasmi, Sugiharti Sugiharti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program literasi dan fasilitas perpustakaan terhadap budaya literasi di SD Negeri 028354, Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 77 guru berstatus PNS di SD Negeri 028354 di kota Binjai. Penentuan sampel penelitian dengan non-probability sampling dan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% dan diperoleh sampel 47 kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah melalui survei. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji statistik yaitu uji normalitas, uji regresi linier dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi berpengaruh positif terhadap budaya literasi di sekolah dasar dan fasilitas perpustakaan berpengaruh positif terhadap budaya literasi di sekolah dasar dan secara bersamaan program literasi dan fasilitas perpustakaan berpengaruh positif terhadap budaya literasi di sekolah dasar.

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of literacy programs and library facilities on literacy culture at State Elementary School 028354, Binjai City, North Sumatra Province. The population in this study amounted to 77 teachers of civil servant status at SD Negeri 028354 in the city of Binjai. Determination of the research sample by non-probability sampling and using the Slovin formula with an error rate of 10% and obtained a sample of 47 school principals. The technique of collecting data is through surveys. The research data analysis technique used statistical tests, namely normality test, linear regression test and hypothesis testing. The results showed that the literacy program had a positive effect on literacy culture in elementary schools and library facilities had a positive effect on literacy culture in elementary schools and simultaneously literacy programs and library facilities had a positive effect on literacy culture in elementary schools.


Keywords


Literacy Program, Library Facilities, Literacy Culture

Full Text:

PDF

References


Ambar, Widya, Lestari. (2018). Pembudayaan Gerakan Literasi Tingkat Sekolah Dasar di Tanggerang Selatan. Jurnal Tahun 8 No. 2 November 2018.

Anjani, Sri. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. E-Jurnal Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Volume 3 No 2.

Afifuddin dan Saebani, B.A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi (2006). Prosedur Penlitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

A. T. Dongoran and I. H. Batubara, Pengaruh Iklim Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smk Di Kota Bandung, J. Manaj. Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi, vol. 2, no. 1, pp. 116, 2021, doi: 10.17509/jap.v13i1.6681.

Bergbauer, Annika dan Surette van Staden. (2018). Social Interaction Determinants of South African Reading Literacy Achievement: Evidence from prePIRLS 2011. International Journal of Instruction April2018, Vol.11,No.2e-ISSN: 1308-1470, www.e-iji.netp-ISSN: 1694-609X.

Creswell, John W. (2015) Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, terj. Ahmad Lintang Lazuardi dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmono. (2004). Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo

Depdiknas. (2007). Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti

Irawan, E, Prasetia, I. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JM-PDT), Vol 1 No1, 2020.

I. PURWANI and T. R. I. AYU, Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Peserta Didik Smp Taman Asuhan Kota , J. Manaj. Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi, vol. 1, no. 2, pp. 1015, 2021.

J. Simarmata et al., Applying the learning multimedia applications for completion of linear equations with subscription methods, Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 3.4 Special Issue 4, pp. 252255, 2018.

Faradina, Nindya. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah AnNajahJatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya Volume 6 Nomor 8.

Gipayana, Muhana. (2010). Pengajaran Literasi. Malang: Asih Asah Asuh.

Hartyatni, M. S. Membangun Budaya Baca Melalui Pengelolaan Media Sudut Baca Kelas Dengan "12345". Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 6(1) : 2018.

Herlina, Dhyna. (2012). Gerakan Literasi Media Indonesia. Bandung: Rumah Sinema Publisher, 2012.

Hinde, E.R. School Culture and Change: An Examination of the Effects of School Culture on the Process of Change. Journal Essays in Education, Vol 11, December 2004. p 1-14

Iriantara, Yosal. (2009). Literasi Media. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kalida, Muhsin & Mursyid, Moh, (2014). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta:CV. Aswaja Pressindo.

Kalida dan Mursyid. (2015). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Kemendikbud (2017). Gerakan Literasi Nasional : Materi Mendukung Literasi Baca-Tulis. Kemendikbud, Jakarta

Musfiroh, Tadkirotun. Konstruk Kompetensi Litersi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Litera, Volume 15, Nomor 1, April 2016

Prasetia, I. (2019). Metodologi Penelitian. Program Pascasarjana UMSU Press, Medan.

Prastowo, Andi. (2013).Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press.

Ramadhanti, Nadya. Pemanfaatan Sudut Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negei 2 Samarinda. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, Vol 1, No 1, 2019.

Ramandanu, Febriana. (2019). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca. Jurnal Mimbar Ilmu Universitas Pendidikan Ganesha. 24 (1), 2019

R. Intan, Pola Pembinaan Dan Pengawasan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mas Binaul Iman Pematang Siantar, J. Manaj. Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi, vol. 1, no. 2, pp. 4450, 2021, [Online]. Available: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15042

Santoso, Ridwan, Berchah Pitoewas, dan Yunisca Nurmalisa. (2018). Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik SMAN 2 Gadingrejo. Jurnal Kultur Demokrasi Volume 5 Nomor 9.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuanititatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, Wiji. (2010). Pengetahuan Dasar Kepustakaan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PTRemaja Rosdakarya.

S. Wahyuni and I. H. Batubara, Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika, J. Manaj. Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi, vol. 2, no. 2, pp. 14, 2021

T. A. Indah and S. Sulhati, Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi di SMP Taman Asuhan Kota Pematang Siantar, J. Manaj. Pendidik. Dasar , vol. 1, no. 2, pp. 1015, 2021, [Online]. Available: http://journal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/10-15

Yulfa Ribowo. (2017). Hubungan antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Minat Baca, dan iklim Sekolah dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 4 Pringsewu Tahun

Zikra, Sari Dariska Zikrayanti Sari. (2018). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di SMAN 3 Takengon. Jurnal LIBRIA Volume 10 Nomor 2.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i1.9337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.