Author Guidelines

Berikut ini merupakan Pedoman Penulisan Naskah pada JMP-DMT (Jurnal Online) :

  1. Naskah merupakan hasil karya ilmiah orisinal yang belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang diajukan untuk diterbitkan di tempat/ media/ jurnal lain.
  2. Naskah dapat ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia ataupun Inggris. Penulis diharapkan dapat menuliskan jurnalnya sesuai dengan format yang digunakan.
  3. Jurnal ditulis maksimum sebanyak 10 halaman, dengan font times new roman. Kemudian anda dapat mengirimkannya melalui alamat jurnal JMP-DMT pada tautan berikut http://jurnal.umus.ac.id. Penulis harus melakukan login terlebih dahulu untuk mengirimkan jurnalnya.
  4. Sistematika penulisan jurnal didalamnya berisi tentang pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah dan tujuan penelitian, kajian terkait teori, metode yang dipergunakan dalam penyelesaian masalah, hasil dan pembahasan, kesimpulan, daftar referensi.
  5. Format penulisan haruslah mengikuti format berikut ini :
  • Judul : 12 pt.
  • Nama penulis: 11 pt. Lengakp dengan jabatan/asal institusi dan email dari masing-masing penulis  
  • Kata kunci: 10pt
  • Judul pada section, subsection dan referensi : 12pt dan ditulis dengan huruf capital.
  • Teks konten : 12 pt, rata kiri-kanan.
  • Abstrak : 10pt, bold dan rata kiri-kanan. (English dan Indonesia)
  • Keterangan gambar : 10pt, center.
  • Keterangan tabel : 10pt, center.
  • Referensi : 11pt, rata kiri-kanan.
  • Margin : Kiri : 20mm, kanan : 20mm, atas : 20mm, bawah : 20mm.
  1. Tabel harus diberikan penomoran, contohnya : Tabel 1. Kategori. Dengan keterangan tabel (nomor dan judul tabel) diletakkan posisi tengah di atas tabel.
  2. Gambar harus diberikan penomoran, contohnya : Gambar 1. Context Diagram. Dengan keterangan gambar (nomor dan judul gambar) diletakkan posisi tengah di bawah gambar.
  3. Penulisan rumus matematika harus ditulis dengan jela, disertai penomoran dan memuat keterangan mengenai rumus yang dimaksud.
  4. Penulisan sitasi dan referensi, ditulis mengacu pada daftar referensi yang dituliskan dalam bentuk nama dan tahun dalam kurung.

Contoh kutipan :

Arikunto (2005) atau Hoy dan Miskel (2014), atau Suhendar, dkk (2003); Hoy, et al (2015) jika penulisnya lebih dari dua orang.

Contoh daftar pustaka :

Hidayat, M.A, & Sudarno, D. (2015). Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosdakarya

Reeves, G, Herrington, J & Oliver, S. Authentic E-learning in Higher Education: Designprinciples for Authentic Learning Environments and Tasks. Journal of the Learning Sciences,Vol 1, No 2, 2003, Pp141-178

Open Educational Resources (OER). Unesco, 2000, http://www.unescoedu.org

  1. Sumber rujukan atau kutipan yang dicantumkan dalam naskah merupakan sumber rujukan primer yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir.
  2. Semua naskah yang diajukan untuk diterbitkan dalam JMP-DMT (Jurnal Online) akan melalui proses penilaian oleh Reviewer.

Para penulis akan menerima pemberitahuan dari redaksi, jika naskahnya ditolak ataupun diterima. Penulis naskah akan diberikan kesempatana untuk memperbaiki naskah atas rekomendasi/saran dari Reviewer.



 

 
View My Stats