Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Pandu Husada merupakan jurnal yang menerima manuskrip baik dari mahasiswa program sarjana, program pasca sarjana, program doktor, dosen dan staf fakultas kedokteran, staf rumah sakit, masyarakat dan mereka yang tertarik untuk menulis artikel  ilmiah. Artikel ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal Pandu Husada meliputi : editorial, artikel penelitian, laporan kasus, dan review artikel. Artikel penelitian yang diterima berupa artikel ilmu kesehatan dan kedokteran.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Publication Frequency

Jurnal Pandu Husada terbit 4 kali setahun (Januari, April, Juli, Oktober)

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Peer Review Process

Semua manuskrip akan direview oleh tim editorial. Artikel yang tidak memenuhi kriteria untuk dimasukkan akan ditolak tanpa review eksternal. Naskah yang dinilai layak untuk dimasukkan dalam Jurnal Pandu Husada dikirim untuk review oleh reviewer eksternal dan editor. Berdasarkan hasil tinjauan oleh reviewer eksternal dan editor, editor kemudian akan menerima atau menolak makalah dengan ketentuan sebagai berikut: (1) Menerima dan mempublikasikan, dengan atau tanpa revisi, (2) Meminta penulis untuk merevisi artikel sesuai dengan komentar reviewer dan editor, (3) Menolak artikel secara langsung. Setiap perubahan yang dibuat pada manuskrip asli akan secara jelas dinyatakan untuk direvisi oleh penulis. Penulis harus hati-hati memeriksa struktur kalimat, kelengkapan dan keakuratan teks, referensi, tabel, dan konten grafis dari manuskrip yang direvisi. Pemimpin Redaksi akan memiliki keputusan akhir tentang penerimaan atau penolakan naskah. Dewan Editorial berhak untuk mengedit artikel tentang semua aspek gaya, format, dan kejelasan.

 

Authorship and Plagiarism

Nama penulis artikel harus dibatasi pada mereka yang telah berkontribusi cukup untuk mengambil tanggung jawab atas konten manuskrip. Kontribusi ini meliputi (a) konsepsi dan desain, analisis dan interpretasi data, atau keduanya; (B) menyusun artikel atau merevisinya dengan kritis untuk konten; (c) persetujuan final dari versi yang akan diterbitkan; dan (d) perjanjian untuk bertanggung jawab atas semua aspek. Pengajuan publikasi artikel ke Jurnal Pandu Husada ditafsirkan oleh jurnal yang berarti bahwa semua penulis yang terdaftar telah setuju dengan semua konten artikel. Corresponding author bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perjanjian ini telah tercapai, dan untuk mengelola semua komunikasi antara jurnal dan penulis sebelum dan sesudah publikasi. Setiap permintaan untuk perubahan pada daftar penulis setelah diserahkan, seperti perubahan dalam urutan penulis, atau penghapusan atau penambahan penulis harus disertai dengan surat yang ditandatangani oleh semua penulis asli. Surat itu harus dipindai dan dikirim melalui email ke jph@umsu.ac.id oleh corresponding autho/penulis yang melakukan submission.

 

Adalah tanggung jawab penulis yang bersangkutan untuk memastikan bahwa:

 

  1. Artikel ini adalah karya asli dan tidak melibatkan penipuan, pemalsuan, atau plagiarisme.
  2. Artikel ini belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan saat ini belum dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain. Jika diterima oleh Jurnal Pandu Husada, artikel tidak akan dikirimkan untuk publikasi ke jurnal lain.
  3. Artikel ini tidak mengandung pernyataan yang memfitnah atau melanggar hukum dan tidak mengandung materi apa pun yang melanggar privasi individu, hak kepemilikan, atau hak cipta menurut undang-undang.
  4. Penulis memiliki izin tertulis dari pemilik untuk setiap kutipan dari karya berhak cipta yang disertakan dan telah mengkredit sumber-sumber dari mana mereka diperoleh.
  5. Semua penulis telah membuat kontribusi yang signifikan untuk penelitian ini termasuk konsepsi dan desain artikel, analisis data, dan penulisan naskah.
  6. Semua penulis telah meninjau naskah, bertanggung jawab atas isinya dan menyetujui publikasi.
  7. Semua penulis mengetahui dan menyetujui ketentuan perjanjian penerbitan ini.

 

Setiap artikel yang diserahkan ke JPH disaring oleh perangkat lunak iThenticate

 

Publication Charges

Artikel yang dipublikasikan akan dikenakan biaya sebesar Rp 500.000,-