Pengaruh Umpan Balik Menggunakan Video Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Latihan OSCE Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Muhammad Hafiz Muflih, Ratih Yulistika Utami

Abstract


Motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi dapat mempengaruhi hasil pembelajaran mahasiswa. Keterampilan klinis dinilai menggunakan metode OSCE (Objective Structured Clinical Examination). OSCE merupakan test yang menilai keterampilan (performa) secara objektif dan terstruktur. Umpan balik menggunakan video memiliki kelebihan dibandingkan dengan secara tertulis atau lisan. Penggunaan video membuat perbaikan pembelajaran menjadi lebih menarik karena mahasiswa dapat mendengar penjelasan dari dosen dan bisa diulang sesuai kebutuhan untuk menontonnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental quasi untuk menilai pengaruh penggunaan video terhadap motivasi belajar mahasiswa FK UMSU pada latihan OSCE. Subjek penelitian adalah mahasiswa FK UMSU angkatan 2017 sebanyak 86 orang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar grup intervensi dibandingkan dengan kontrol dengan iliai p=0.001 (<0.05). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa umpan balik menggunakan video berpengaruh terhadap motivasi mahasiswa FK UMSU pada latihan OSCE.


Keywords


motivasi, umpan balik, OSCE, video

DOI:

https://doi.org/10.30596/jph.v1i2.4545


Full Text:

PDF

References


Risma G. Kecemasan dalam Objective Structured Clinical Examination (OSCE). J Agromed Unila 2015; 2(4): 419-424.

Brown, S. and Knight, P. Assessing Learners in HigherEducation, London: Kogan Page. 1994.

Paul S, Dawson KP, LanphearJH, CheemaMY. Video recording feedback: a feasible and effective approach to teaching history-taking and physical examination skills in undergraduate paediatric medicine. Medical Education. 1998;32:332-6.

Fernando NJS, Leader BL, Cole J V, Lecturer S, Co-ordinator L. Scanning the Horizons : Institutional Research in a Borderless World Higher Education Institutional Research Network Conference Kingston University Live Lecture Streaming for Distributed Learning Live Lecture Streaming for Distributed Learning. 2011:1-7. http://www.heir2011.org.uk/conference-papers/papers/Fernando

Adnyani LDS, Agustini DAE. Persepsi Mahasiswa Terhadap Feedback Langsung Berbentuk Video. 2014:425-431.

Lisiswanti R, Sanusi R, Prihatiningsih TS. Hubungan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Kedokteran. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2017;4(1):1–6. Available from: https://jurnal.ugm.ac.id/jpki/article/view/25259

Ningrum, A.J. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Ibu Menyekolahkan Anak din Homeschooling Kak Seto Semarang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Semarang : Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata. 8. Mochtar M.Noor. Pengaruh Pemberian Umpan Balik Rekaman Video Hasil Belajar Micro Teaching Mahasiswa; Jakarta. 19(April) 2009:43-54.

Vuspa LS. Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar Fikih di MTS Patra Plaju : Palembang. 2017.

Fadhli, M. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1). 2015. 24-29.

Hikmasari, Mifthurohmah. Peran Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas III : Yogyakarta. 2016.

Aryanty N, Puspasari A, Purwakhanti A. Perbandingan Efektifitas Pembelajaran Clinical Skill Lab (CSL) dengan Menggunakan Video Ajar

Keterampilan Klinik Neurologi terhadap Demonstrasi oleh Instruktur. Jambi Medical Journal;2(2). 2014.

Puspita Sari, S.D. Efektivitas Media Audiovisual terhadap kemampuan menyimak dongeng siswa VII SMP Negeri 7 Tanjung Pinang tahun ajaran 2013/2014: Indonesia JP. 2014.

Mayasari D. Penggunaan Media Audio Visual Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X-2 SMANegeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant. 2016 May 24;7(2).

A.M, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2003 : 91-95)

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta : 2004. 184-186)

Azwar, S. Pengantar Psikologi Inteligensi. Cetakan Keempat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2004.

Nuraini F. Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Dasar Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating. J Account Sci.;Vol.1 No2.:93-118. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/jas. 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.