Pengaruh Umpan Balik Menggunakan Video terhadap Refleksi Diri Mahasiswa pada Latihan OSCE di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Mutia Aryu Fitria, Ratih Yulistika Utami

Abstract


Refleksi diri adalah proses metakognitif yang terjadi sebelum, setelah situasi tertentu mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang diri kita dan situasi yang dihadapi sehingga di masa depan lebih baik. Umpan balik perekaman video untuk meningkatkan pengembangan umum komunikasi spesifik dan keterampilan konsultasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan post test dengan desain kelompok kontrol. Sampel diambil dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara angkatan 2015, berjumlah 110 orang. Teknik penelitian ini menggunakan cluster sampling dan analisis data menggunakan uji mann whitney. Mengambil data melalui pengisian kuesioner SRIS (refleksi diri dan skala wawasan). Penelitian ini menunjukkan bahwa umpan balik perekaman video memiliki rata-rata lebih tinggi dari umpan balik lisan dengan 60,13 umpan balik perekaman video dan 50,87 umpan balik secara lisan. Selanjutnya, berdasarkan analisis hasil uji statistik man-whitney diperoleh p = 0,126 (p> 0,05) angka tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan umpan balik perekaman video dengan secara verbal terhadap evaluasi LO. Tidak ada perbedaan siswa mendapat umpan balik perekaman video dan umpan balik secara lisan.

 


Keywords


Umpan Balik, Umpan balik perekaman video, Refleksi Diri, uji coba OSCE, pelatihan keterampilan

DOI:

https://doi.org/10.30596/panduhusada


Full Text:

PDF

References


Epstein RM, Hundert EM. Defining and assessing professional competence. JAMA 2002;287:226-35.

Dent JA. Adding more to the pie: the expanding activities of the clinical skills centre. J R Soc Med .2002;95:406-10.

Harjasuganda D. Pengembangan Konsep Diri yang Positif pada Pembelajaran Siswa Sebagai Dampak Penerapan Umpan Balik (Feedback) dalam Proses Pembelajaran Penjas. Dalam J Pendidik Dasar Nomor. 2008;9(8):4-5.

Arjanggi R. Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri The Effectiveness of Peer Tutoring Method on Self-Regulated Learning Abstract. Makara, Sosial Humaniora, Vol. 14.2010;14(2):91-7.

Mailina WR, Ed MM. Factors Affecting Clinical Skills Learning Successfulness in Medical Education . J R Soc Med .2015;2(2). Purnamaningsih EH, Mada UG. Kepercayaan Diri dan Kecemasan. J R Soc Med .2003;(2):67-71.

Fernando NJS, Leader BL, Cole J V, Lecturer S, Co-ordinator L. Scanning the Horizons : Institutional Research in a Borderless World Higher Education Institutional Research Network Conference Kingston University Live Lecture Streaming for Distributed Learning Live Lecture Streaming for Distributed Learning. 2011:1-7.

Adnyani LDS, Agustini DAE. Persepsi Mahasiswa Terhadap Feedback Langsung Berbentuk Video. Jurnal Seminar Inovatif II.2014:425-31.

Havnes A, McDowell L. Balancing Dilemmas in Assessment and Learning in Contemporary Education. 2007.

Carr SE, Johnson PH. Does self reflection and insight correlate with academic performance in medical students? BMC Med Educ. 2013;13(1):2-6.

Koole S, Dornan T, Aper L, Scherpbier A, Valcke M, Cohen-schotanus J. Factors confounding the assessment of reflection : a critical review. BMC Med Educ. 2011;11(1):104.

Mann K, Gordon ÆJ, Macleod ÆA. Reflection and Reflective Practice in Health Professions Education : A Systematic Review education : a systematic review. BMC Med Educ 2007.

Wigfield A. Expectancy – Value Theory of Achievement Motivation. BMC Med Educ .2000;81:68-81.

Grant A, Kinnersley P, Metcalf E, Pill R, Houston H. reflective learning Students ’ views of reflective learning techniques : an efficacy study at a UK medical school. BMC Med Educ .2006:379-88.

Crossman J. Factors Influencing the Assessment Perceptions of Training Teachers. International Education Journal Vol 5, No 4, c .2004;5(4):582-90.

Lindblad K, Gustavsson M, Ring L, Wallman A. Factors Associated With Reflection Among Students After an Advanced Pharmacy Practice Experience ( APPE ) in Sweden. BMC Med Educ. 2009;73(6).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.