Hubungan Kebersihan Diri dan Jenis Kelamin dengan Kejadian Pedikulosis Kapitis pada Murid SD

Siti Lasmi Yani Al Azhar, Siti Mirhalina Hasibuan, Riri Arisanty Syafrin Lubis, Heppy Jelita Sari Batubara

Abstract


Pedikulosis kapitis adalah infeksi kulit dan rambut kepala yang di sebabkan oleh Pediculus humanus var. capitis. Pediculus ini merupakan parasit obligat yang harus menghisap darah manusia untuk dapat bertahan hidup. Jenis kelamin dan kebersihan diri merupakan faktor resiko terjadinya pedikulosis kapitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara jenis kelamin dan kebersihan diri dengan kejadian pedikulosis kapitis pada siswa SDN 018455 Desa Tanah Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik denga desain cross sectional. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 018455 Desa Tanah Tinggi yang terdaftar di administrasi sekolah. Teknik penelitian ini menggunakan consecutive sampling dan analisa data uji chi-square. Pengambilan data melalui pengisian kuisioner dan pemeriksaan langsung pada sampel. Hasil penelitian ini memperoleh bahwa sebanyak 22 orang anak perempuan (56.4%) menderita pedikulosis kapitis, sedangkan pada anak laki-laki sebanyak 5 orang (14.7%) dan anak dengan kebersihan diri yang baik sebanyak 3 orang (7.9%) menderita pedikulosis kapitis,sedangkan pada anak dengan kebersihan kurang baik sebanyak 24 orang (68.6%) menderita pedikulosis kapitis. Hasil Uji Chi-square di dapati p=value 0.000. Adanya hubungan antara kebersihan diri dan jenis kelamin dengan kejadian pedikulosis kapitis pada siswa SDN 018455 Desa Tanah Tinggi.

Keywords


Jenis kelamin, Kebersihan Diri, Pedikulosis Kapitis

Full Text:

PDF

References


Djuanda. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ed. 2013.

Gulgun M, Balci E, Karaoglu A, Babacan O, Turker T. Pediculosis capitis: Prevalence and its Associated Factor in Primary School Children Living in Rural and Urban Areas in Kayseri, Turkey. Cent Eur J Public Health 2013; 21 (2): 104-108.

Madke B, Kopkar U. Pediculosis Capitis: An Update. Indian J of Dermatol 2012;78(4):429-38.

Saffari M, Koenig GH, Pakpour AH, Sanaeinasab H, Jahan HR, Sehlo MG. Personal Hygiene among military Personnel: Developing and Testing a self-administered scale. Environ Health The Japanese society for Hygiene. 2013.

Self Care for Health : A Handbook for Community Health Workers & Volunteers. World Health Organization, Regiolan Office for South- East Asia. 2013.

Nurlaili Farida Muhajir, Desto arisandi, Yuliana Prasetyaningsih. Persentase Pediculosis Capitis pada Anak Usia 9-12 Tahun di RW XI Kampung Gampingan Kota Yogyakarta. D3 Analisis Kesehatan STIKes Guna Bangsa Yogyakarta.

Norsiah, Rifqoh Wahdah. Pediculosis Capitis dan Personal Hygiene Pada Anak SD di Daerah Pedesaan Kotamadya BanjarBaru. Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.2017.

Hardiyanti, Nani Indah. Hubungan Personal Hygiene Terhadap Kejadian Pediculosis Capitis Pada Santriwati Di Pesantren Jabal An-Nur Al Islam Kecamatan Teluk Betung Barat Bandar Lampung. Fakultas Kedokteran Universitas Bandar Lampung. 2016

Hapsari, Ari Indriyana. Personal Hygiene Rambut Terhadap Pediculosis Capitis Berdasarkan Karakteristik Demografinya Hair Personal Hygiene to Pediculosis Capitis Based on Demographycal Characteristics. Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Jember. 2017

Zulinda, Aprilia.dkk. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Pedikulosis Kapitis Pada Murid Kelas III,IV,V dan VI SDN 019 Tebing Tinggi Okura Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru. 2010

Azim, Fauzan. Perbandingan Angka Kejadian Pedikulosis Kapitis antara Aak Perempuan Denga Anak Laki-laki Di pondok Pesantren Al-Kautsar Al- Akbar Medan. Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.

Sukarmin, dkk. Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Pedikulosis DI Pondok Pesantren Miftahul Khoir Prawoto Sukolilo Pati. D3 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Kudus. 2017.

Rahim, Zul Syafar. Hubugan Personal Hygiene Dengan Kejadian Pedikulosis Kapitis pada Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Watopute. Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo. 2017.




DOI: https://doi.org/10.30596/jph.v1i4.5256

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/jph.v1i4.5256.g4816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Pengelola: Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.

Kontak (WA): 0812-6208-2844

E-mail: jurnalpanduhusada@umsu.ac.id