Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Limit di Kelas XI MAN 1 Medan

Putri Maulina

Abstract


Matematika merupakan ilmu yang banyak berandil peran dalam perkembangan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Guru mempunyai tugas untuk memilih model dan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pendidikan karena sampai saat ini masih banyak ditemukan kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam mempelajari matematika. Permasalahan yang muncul diantaranya adalah daya ingat peserta didik belum optimal, motivasi belajar peserta didik masih kurang maksimal, metode yang digunakan guru dalam kegiatan belajar kurang beragam.  Tujuan yang diangkat dalam PTK ini adalah upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode Mind Mapping pada materi limit di MAN 1 Medan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IS 3 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes di setiap siklus. Kriteria yang ditetapkan yaitu  dari peserta didik mendapat skor . Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diperoleh adalah 72,86 dengan presentase ketuntasan yang tercapai adalah 46,43%  atau 13 orang dari 28 orang peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran siklus I. Namun pada siklus II telah mengalami peningkatan, nilai rata-rata hasil belajar yang di peroleh  peserta didik mencapai 87,5 dengan persentase ketuntasan 85,71% atau 24 orang dari 28 orang peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran siklus II. Dengan demikian menunjukkan bahwa metode Mind Mapping mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Limit di MAN 1 Medan tahun ajaran 2018/2019.

 

Kata kunci :   hasil belajar, mind mapping



References


Nst, Marah Doly. "Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014." EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 1.01 (2015).

Nst, M. D. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.