Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XII Man 1 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019

Yenny Safrina

Abstract


Yenny Safrina, 18021020007, Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XII  Man 1 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. PTK. Program Studi Pendidikan. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran RME pada materi distribusi dan fungsi peluang binomial di kelas XII MAN 1 Medan Tahun Pelajaran  2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dan peneliti dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII-MIA5 sebanyak 44 peserta didik. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik meningkat dari 60,30% dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 82,11% dengan kategori baik pada siklus II.  Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan setiap indikator kemampuan pemecahan masalah yang diuji pada tes tertulis disetiap siklusnya.  Dimana indikator memahami masalah mengalami peningkatan dari 59, 34% dengan kategori cukup  menjadi 90, 66% dengan kategori sangat baik. Pada indikator melakukan perencanaan mengalami peningkatan dari 65, 15% dengan kategori cukup menajdi 88, 63% dengan kategori sangat baik. Pada indikator melaksanakan perencanaan mengalami peningkatan dari 63, 11% dengan kategori cukup menjadi 75, 51% dengan kategori baik dan indikator menafsirkan hasil juga mengalami peningkatan dari 53, 03% dengan kategori kurang menjadi 73, 11% dengan kategori baik. Selain itu, Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan sikap belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya sikap peserta didik di setiap siklusnya, baik sikap kerjasama, ingin tahu, disiplin, dan aktif. Kualifikasi sikap peserta didik dari siklus I ke siklus II berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan RME dapat dijadikan sebagai penekatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai kemampuan pemecahan masalah dan sikap peserta didik secara optimal.

 

kata kunci : kemampuan pemecahana masalah matematis , RME



References


Nst, Marah Doly. "Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014." EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 1.01 (2015).

Nst, M. D. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.