PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Magna Anugerah Putriana Silitonga

Abstract


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

 

Magna A. P. Silitonga (NPM. 18021020009)

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang merupakan salah satu kemampuan esensial yang harus dikuasai oleh siswa terutama di perkembangan zaman saat ini. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan pokok tentang bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas X SMA Negeri 10 Medan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di dalam kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 10 Medan yang berjumlah 33 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Fungsi yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Penelitian ini terdiri dari dua siklus, di mana pada akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada tes awal kemampuan komunikasi matematis diperoleh nilai rata-rata 41,65 dengan nilai ketuntasan klasikal 9,09%. Pada siklus I setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 55,80 dengan ketuntasan klasikal sebesar 21,21%. Pada siklus II, rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis kembali meningkat ke arah yang lebih baik di mana 85% siswa telah tuntas secara klasikal dengan nilai rata-rata sebesar 75,42. Tingkat kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kategori sedang, sehingga dapat dikatakan pembelajaran dengan menerapkan model Numbered Heads Togethr (NHT) telah berhasil.

 

Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran, Numbered Heads Together.



Refbacks

  • There are currently no refbacks.