Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Pemanfaatan Media Audio-Visual Di Kelas Rendah

Maira Fadillah

Abstract


Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang digunakan untuk memudahkan proses belajar mengajar. media merupakan alat pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan (Arif S. Sadiman, 1986). Media sangat membantu guru dalam mengajar dan memudahkan siswa untuk menerima dan memahami pelajaran yang di sampaikan oleh guru. Dalam perkembangan zaman teknologi semakin canggih, maka guru harus mengikuti perkembangan zaman untuk menciptakan atau mampu memiliki pemikiran yang kreatif dalam menggunakan media berbasi teknologi yaitu seperti AudioVisual. Alat AudioVisual digunakan tidak hanya sebagai alat bantu pendidikan namun dimanfaat kan lebih dari itu yang memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan atau materi pembelajaran yang di sampaikan guru lebih efisien. Pemanfaatan media pembelajaran khususnya yang berbasis pada Information and Communication Technology (ICT) pada saat ini sudah menjadi keharusan yang harus di jalani oleh setiap guru untuk mengikuti perkembangan zaman dan agar dalam proses penyampaian materi pembelajaran lebih mudah untuk dipahami siswa dan mengurangi beban guru dalam mengulang kembali materi yang telah disampaikan.

Kata Kunci : Media Pembelajaran

Keywords


Pendidikan; Metode Belajar; Media Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Azar Arsyad. (1997). Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Degeng, I Nyoman Sudana. (1993) Media Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Efforts to Increase Children's Courage Motivation for Performance Through Role Playing Strategies in RA Al-Muslihin Binjai. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1), 1-8.

AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Nst, M. D. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Doly, M., & Sari, E. T. (2019). The Influence of Cycle Learning Model on Mathematics Learning Motivation in Private Vocational School Students Harapan Mekar Medan Marelan TP 2017/2018. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Nasution, M. D. (2017, October). Approaches to School Supervision in Indonesian Context. In 4th Asia Pacific Education Conference (AECON 2017). Atlantis Press.

Asrar Aspia, A. D. (2014). Media Pembelajaran. Medan: Perdana Publisher.

Manurung, S. H., & Manurung, A. A. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

https://media.neliti.com/media/publications/172687-ID-penerapan-media-pembelajaran-audio-visua.pdf

file:///C:/Users/acer/Downloads/578-1101-1-SM.pdf

http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8074/1/Nurjannah%20Husain.pdf

http://digilib.unila.ac.id/3817/17/BAB%20II.pdf




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License