Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru

Nur Haizah Siregar

Abstract


Guru merupakan pemegang peran yang sangat penting. Sebagus apapun dan secanggih apapun sebuah kurikulum dan perencanaan strategi Pendidikan dibuat atau dirancang, jika tanpa adanya guru yang berkualitas maka tidak akan membuahkan hasil yang optima. Artinya Pendidikan yang baik dan unggul tetap akan bergantung pada kondisi mutu dan professionalitas seorang guru. Peningkatan kualitas Pendidikan di Indonesia harus dimulai dengan peningkatan terhadap kualitas seorang guru melalui sertifikasi guru dan menjadikan guru sebagai agen perubahan bagi dunia Pendidikan di Indonesia. Kualitas mengajar guru yang profesionalisme dan kompetensi merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang guru guna menunjang kinerja seorang guru menjadi lebih baik. Adapun metode yang digunakan didalam pembuatan jurnal ini yakni metode Deskriptif.

Kata kunci: kualitas Pendidikan, profesionalitas guru


Keywords


Kualitas Pendidikan; Profesional Guru

Full Text:

PDF

References


Hartoyo. 2007. Supervise Pendidikan: Mewujudkan Sekolah Efektif dalam Kerangka Manajemen Berbasis Sekolah. Semarang: Pelita Insani

Sagala, Syaiful. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Nimas Multima

Baedhowi. 2008. Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan Unimed

Sagala, Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang guru dan Dosen

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Efforts to Increase Children's Courage Motivation for Performance Through Role Playing Strategies in RA Al-Muslihin Binjai. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1), 1-8.

AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Nst, M. D. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Doly, M., & Sari, E. T. (2019). The Influence of Cycle Learning Model on Mathematics Learning Motivation in Private Vocational School Students Harapan Mekar Medan Marelan TP 2017/2018. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Nasution, M. D. (2017, October). Approaches to School Supervision in Indonesian Context. In 4th Asia Pacific Education Conference (AECON 2017). Atlantis Press.

Asrar Aspia, A. D. (2014). Media Pembelajaran. Medan: Perdana Publisher.

Manurung, S. H., & Manurung, A. A. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Hartanto, D., Hidayat, N., & Sazali, H. (2019, January). The Leadership of Head of the Medan City Police Department in Strengthening Community Systems. In 1st Aceh Global Conference (AGC 2018). Atlantis Press.

Hartanto, D. (2019). Kajian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Kepolisian Resort Kota Besar Medan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2).

Sulasmi, E. (2020). The Development Strategy of Human Resources Management In Children's Social Welfare Institution (LKSA)(Case Study in LKSA AL-Mubaraak Orphanage Bengkulu. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(1), 562-569.

Sulasmi, E. (2019). Evaluation of the Operational Assistance Management (Bop) Management Funding Program at the Bengkulu City Paud Institution. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License