Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Melalui Media Audio Visual Oleh Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Bahorok Kabupaten Langkat

Dewi Purwanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak berita melalui Audio visual oleh siswa kelas VIII A SMP 2 BOHOROK Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII A Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari satu kelas Sedangkan sampel dalam peneliti ini adalah seluruh populasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk esai yaitu kemampuan menyimak berita melalui audio visual. Media Audio Visual yang digunakan untuk mengukur kemampuan menyimak siswa adalah smartphone dan youtube berisi berita yang sebelumnya telah dibagikan link kepada guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan siswa dalam menyimak berita dapat ditingkatkan menggunakan media Audio Visual. Siswa menunjukkan sikap dan perilaku yang lebih positif dalam menyimak berita. Sikap dan perilaku yang terlihat adalah senang, peduli, mau, bersungguh-sungguh, semangat, paham, mengerti, dan kesediaan menyediakan waktu menyimak berita. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media Audio visual adalah sebesar 58,1 dan setelah menggunakan media Audio Visual mengalami peningkatan sebesar 289 sehingga nilai rata-rata menjadi 86,46. Setelah data dianalisis, diketahui kemampuan menyimak berita melalui Audio visual oleh siswa kelas VIII A SMP NEGERI 2 BOHOROK Tahun Pembelajaran 2018/2019 Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran menyimak berita dengan menggunakan media audiovisual mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyimak berita.


Full Text:

PDF

References


Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The Importance of Using a Web-Based Learning Model to Prevent the Spread of COVID 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 17-25.

Chairina, I. (2020). Improve Early Reading Skills in Low Classes Through Big Media. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 1-9.

Fadillah, M. N. (2020). The Importance of Enhancing the Passion of Interest in Reading Students Through Libraries. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 10-16.

Gustami, S. A. (2020). The Effect of Internet-Based Learning Media on High School Student Achievement. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 26-34.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License