Pemanfaatan Media Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Sma Swasta Santo Thomas 2 Medan

Rikson Parsaoran Manurung

Abstract


Whatsapp sebagai salah satu media sosial paling berpengaruh dan banyakdigunakan oleh masyarakat di Indonesia.Para siswa di Indonesia pada era digital saat ini sudah menggunakan gawai dalam aktivitas keseharian mereka baik di sekolah maupun di luar sekolah.Namun, sebagian besar pelajar tersebut menggunakan aplikasi media sosial, khususnya Whatsapp, hanyauntuk bermedia sosial saja, padahal di dalam aplikasi tersebut, terdapat manfaat yang bisa meningkatkan kemampuan literasi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penggunaan whatsapp sebagai media literasi digital siswa dan 2) kemampuan literasi digital siswa dilihat dari kemampuan berbahasa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simak, catat, dan kajian pustaka.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu,

1) tingkat literasi digital siswa dengan media sosial whatsapp masih kurang dan 2) peningkatan kemampuan literasi digital siswa ditinjau dari aspek kemampuan berbahasa, yaitu, mendengar, berbicara, membaca, memirsa, dan menulis


Keywords


siswa; literasi digital; media sosial; kemampuan berbahasa;Whatsapp

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alqahtani, M. S., Bhaskar, C. V., Vadakalur Elumalai, K., &

Abumelha, M. (2018). WhatsApp: An Online Platform for

University-Level English Language Education. Arab World En-

glish Journal, 9(4), 108

https://doi.org/10.24093/awej/vol9no4.7

Hoechsmann, Michael & Stuart R. Poyntz. (2012). Media

Literacies: A Critical Introduction, UK: Blackwell Publishing.

Kurnianingsih, I., Rosini, dan Ismayati, N. (2017). Upaya

Peningkatan

Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah

dan Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi

Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61

https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Kusuma, Rinasari. (2011). Remaja Digital: Literasi dan Etika. In

Chatia Hastasari (Ed.), New Media: Teori dan Aplikasi,

Karanganyar: Lindu Pustaka.

Mulawarman, M., & Nurfitri, A.

D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta

Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan.

Buletin Psikologi, 25(1), 36

https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan

Sosial Media

WhatsApp dan Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta

Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal

Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 07(1), 122.

https://doi.org/10.30868/EI.V7

Watie, E. D. S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial

(Communications and Social Media).The Messenger, 3(1), 69

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i3.5437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License