Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Segara Risqi, Akrim A

Abstract


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan suatu rancangan salah satu perangkat dalam sebuah kegiatan belajar mengajar (KBM) yang harus disiapkan guru. Guru wajib memiliki kompetensi menyusun Rencana Pelaksanan Pembelajaran sesuai ketetapan pemerintah. Pada saat ini banyak dari pendidik yang menyusun rencana pelaksanaan pembelajarannya yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan penerapannya belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab setiap pendidik, terkhusus bagi guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal dan bagaimana mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan kelayakan rencana pelaksanaan pemebalajaran berdasarkan kuriulum 2013 di SMA Muhammdiyah 18 Sunggal dan untuk menegetahui pengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahawa rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarakan kurikulum 2013 pada mata Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang disusun oleh guru di SMA Muhammadiyah 18 sunggal

Keywords


Analisis, Perencanaan, Pembelajaran, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Agustinova, “Memahami Metode Penelitian Kualitatif, CALPULIS : Candi Gerbang 1 No. 23 Yogyakarta 55283, 2015

Antonius. Buku Pedoman Guru, Bandung: Yrama Widiya Tahun 2016

Cintiya Sela “Anlisis Proses Penyususnan Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP) Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) Mata Pelajaran Fikih Kelas XII MAN 1 BLITAR” Malang. Tahun 2021

Direktorat Jendral Pendidikan dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017, Model Pengembangan RPP.

E.Kosasih, Strategi Belajar dan Pembelajaran Implmentas Kurikulum 2013, Bandung Yrama Widya, 2014

E. Kokasih, Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013

Fujiwati, “Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep bagi Mahasiswa Seni” Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Universitas Sultan Ageng Titayasa. Vol. No. 1 Tahun 2016.

Hakim, Lukman “Pemertaan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional” Jurnal EduTech. Vol. 2 No. 1 Maret 2016

Haryanto, 2012: dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para ahli http://belajarpsikologi. com/pengertian-pendidikan-menurut-ahli diakes pada tanggal 9 april 2017

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81A Tahun 2013, Implementasi Kurikulum

Majid, Abdul. Peranana Belajar: Mengembangkan Standar Kompetisi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchtar, Muhizar “Inovasi Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Man 2 Medan, Intiqod Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, No. 1 Volume 12 2020

Mulyasa, E. Implementasi Kurikulm 2013 Revisi: dalam Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Bumi Aksara. 2019

Nurzain Luthfiah “Analisi Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP) Matematika Kurikuum 2013 Kelas X Semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015 di MAN BABAKAN TEGAL” Semarang. Tahun 2015

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Penilaian Pendidikan

Riduan. “Peningkatan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Tahun Pelajaran 2016/2017 Kabupaten Barito Kuala.” Jurnal PTK dan Pendidikan Vol. 3 No. 2. Juli - Desember 2017 11-18

Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah

Salinan Lampiran Peraturan Menteri dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Siti, Abdurachman, dan Achmad “Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013” Jurnal Penelitian Ipteks. Vol. 6 No. 1 Januari 2021

Suciati, Astuti, “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mahasiswa Calon Guru Biologi” Jurnal EDUSAINS. 8 (2), 2016, 192-200

Supandi, Supandi. "Interaksi Negara Dengan Dunia Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa" al Ulum: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman 4.2 2017

Supandi, “Peranan Pendidikan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Anak Di Madrasah Tsanawiyah Nasyrul Ulum Pamekasan” 2019

Surat Ederan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencan Pelaksanaan Pembelajaran

Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam (IPI) CV Pustaka Setia, Bandung

Wikanengsih, Nofiyanti, Ismayani, dan Permana ” Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia” Jurnal Ilmiah. UPT P2M STKIP Siliwangi, Vol. 2, No. 1, Mei 2015

Vausyah Indah “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonsia SMA Negeri 3 Sinjai” Makassar. Tahun 2018.

Akrim, A. (2021). An Investigation Of Islamic Students' Learning Habits. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2301-2308.

Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education At Special School In North Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335-1347.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.9943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License