PENGGUNAAN MODUL SEBAGAI BAHAN AJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Ijah Mulyani Sihotang, Cahaya Cahaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana penggunaan Modul sebagai bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar pada materi Ayat Jurnal Penyesuaian. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam membuat jurnal penyesuaian. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK yang berjumlah 37 siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Modul sebagai bahan ajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar akuntansi pada materi Ayat Jurnal Penyesuaian. Instrument penelitian yang digunakan adalah test dan lembar Observasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh pada tes awal diperoleh hanya 12 orang siswa (32%) dari 37 siswa yang mencapai nilai tuntas. Hasil belajar test siswa pada siklus I diperoleh sebanyak 20 orang siswa (54,0%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 17 orang siswa (46%) dan terjadi peningkatan sebanyak 18%. Hasil belajar pada siklus II sebanyak 32 orang siswa (86,49%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 5 orang siswa (13,51%). Peningkatan hasil belajar ini diperoleh setelah diberi tindakan dengan penggunaan modul sebagai bahan ajar dalam pembelajaran jurnal penyesuaian. Dari tahapan siklus yang dilakukan maka disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan modul sebagai bahan ajar.

Abstract

This study aims to describe how the use of the module as a teaching material in improving learning outcomes in the material of adjusting journal entries. This research is motivated by the low ability of students in making adjusting journals. The subjects of this study were SMK students, totaling 37 students. Meanwhile, the object of this research is the module as a teaching material in an effort to improve accounting learning outcomes in the material of adjusting journal entries. The research instrument used was a test and observation sheet. This research is classroom action research which is carried out through two cycles. The analysis technique uses descriptive analysis techniques.The results obtained in the initial test obtained only 12 students (32%) of 37 students who achieved a complete score. The results of student test learning in the first cycle obtained as many as 20 students (54.0%) who achieved completeness, while those who had not completed as many as 17 students (46%) and an increase of 18%. The learning outcomes in the second cycle were 32 students (86.49%) who achieved completeness, while those who had not completed were 5 students (13.51%). This increase in learning outcomes was obtained after being given action by using modules as teaching materials in adjusting journal learning. From the cycle stages carried out, it was concluded that there was an increase in student learning outcomes by using modules as teaching materials.


Keywords


Hasil Belajar Akuntansi; Modul Bahan Ajar

References


Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11-21

Desi Wahyuni.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Recipcoral Teaching dengan menggunakan Media Modul Terhadap Hasil Belajar Akuntannsi. Medan

Dimayati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Kelima. Rineka Cipta. Jakarta

Herawati, Heni. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul Kemampuan Kognitif Untuk Orang Tua Taman Kanak-Kanak Usia 4-5 Tahun di Bandar Lampung. Tesis. Pascasarjana FKIP Universitas Lampung

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19-25.

Lestari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang : Akademia Permata

Muhibbin, Syah M. 2012. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, P. H., Hidayah, N., & Martiana, A. (2017). Pengembangan modul mata kuliah penilaian pembelajaran sosiologi berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, (2), 85339.

Purwanto.2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25.

Rahayu, A. T. (2017). Pengaruh Model Pbl (Problem Based Learning), Penggunaan Modul Pembelajaran Akuntansi, Dan Motivasi Belajar Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Materi Jurnal Khusus Kelas Xi Smk Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).

Sa'idah, N., & Yulistianti, H. D. (2018). Pengembangan modul praktikum berbasis analisis data pada mata kuliah statistik dalam meningkatkan belajar mandiri mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 198-203.

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102-112.

Sitompul, D. N., & Hayati, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Games Terhadap Minatbelajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Pasiva Program Studi Pendidikan Akuntansi Fkip Umsu Ta 2017/2018. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(3), 243-253

Sukiman. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogik

Tania, L. (2017). pengembangan bahan ajar e-modul sebagai pendukung pembelajaran kurikulum 2013 pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa siswa kelas x akuntansi smk negeri 1 surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).

Wulansari, W. (2016). Pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS. Journal of Accounting and Business Education, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v5i1.10309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.