Implementasi Group Investigation Dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi

Putri Kemala Dewi Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi semester I Prodi Pendidikan Ekonomi tahun ajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa semester I Prodi Pendidikan Ekonomi tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan angket. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar Pengantar Akuntansi meningkat setelah diberi tindakan. Peningkatan persentase Aktivitas Belajar Akuntansi mahasiswa berdasarkan observasi dari siklus I adalah 68% menjadi 88% pada siklus II. Peningkatan persentase Aktivitas Belajar Akuntansi siswa berdasarkan angket dari siklus I adalah 83% menjadi 95% pada siklus II. Ketercapaian Aktivitas Belajar Akuntansi mahasiswa secara individu dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi berdasarkan observasi adalah 55% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II. Ketercapaian Aktivitas Belajar Akuntansi siswa secara individu dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi berdasarkan angket adalah 92% pada siklus I meningkat menjadi 98% pada siklus II.

 


Keywords


Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI); Hasil Belajar; Pengantar Akuntansi

DOI:

https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i3.2487


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.