Analisis Rasio Keuangan Secara Cross Sectional Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Sub Sektor Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Sri Ningsih Sitanggang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sub sektor semen periode tahun 2013-2017 menggunakan rasio-rasio keuangan sesuai dengan indikator dan bobot yang ada pada Kepmen BUMN Nomor: KEP-100/MBU/2002. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: PT. Semen Indonesia Tbk yang paling baik kinerja keuangannya dibandingkan dengan PT. Semen Baturaja Tbk periode 2013-2017 dengan bertumpu pada akuntansi bobot penilaian aspek keuangan menurut Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: Kep-100/MBU/2002. Berdasarkan penelitian, hasil analisis rasio keuangan PT. Semen Baturaja Tbk selama tahun 2013-2017 menunjukkan hasil perhitungan cash ratio, current ratio, inventory turn over, rasio total modal sendiri terhadap total aset, rasio total aset turn over dan rasio collection periods mengalami fluktuasi sedangkan rasio return on equity dan return on investment mengalami penurunan setiap tahunnya. Sedangkan analisis rasio keuangan PT. Semen Indonesia Tbk selama tahun 2013-2017 menunjukkan hasil perhitungan cash ratio, current ratio dan rasio total modal sendiri terhadap total aset mengalami fluktuasi. Rasio collection periods dan inventory turn over mengalami peningkatan setiap tahunnya, sedangkan rasio return on equity, return on investment dan total aset turn over mengalami penurunan setiap tahunnya.


Keywords


Analisis Rasio Keuangan, Kinerja Keuangan,

Full Text:

PDF

References


Brigham, Eguene., and Houston, Joel, F. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi II. Dialihbahasakan oleh Ali Akbar. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, I., 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta.

Harahap, Sofyan, S. 2006. Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Ikhsan, Arfan. 2009. Akuntansi Manajemen Perusahaan Jasa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Munawir,S.2014.AnalisaLaporanKeuangan. EdisiKeempat. Yogyakarta: LibertyYogyakarta.

Munawir. 2007. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Marginingsih, R. 2017. Penilaian Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Analisa Rasio Keuangan pada Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia, Cakrawala,Vol. VII, No. 1.

Sadeli, Lili,M. 2014. Dasar-DasarAkuntansi.Jakarta: BumiAksara.

Soemarso. 2003. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I, Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan;Teori dan Praktik. Jakarta:Erlangga.

Syamsuddin, Lukman. 2004. Manajemen keuangan Perusahaan. Cetakan keempat. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Syamsuddin, Lukman. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan dan Pengambilan Keputusan. Yogyakarta:Andi Offset.

Wibisono, Dermawan. 2006. Manajemen Kinerja. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i3.2553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.