Analisis Laporan Keuangan Internal Dalam Pengambilan Keputusan Ekspansi

Teresa Paulina Sihombing

Abstract


Kinerja suatu organisasi dapat dilihat dari aspek keuangan dan aspek non keuangan. Analisis keuangan yang sering digunakan untuk menilai kinerja suatu organisasi atau Yayasan adalah analisis rasio keuangan. Dengan analisis rasio keuangan akan dapat diketahui tingkat solvabilitas dan tingkat rentabilitas organisasi atau Yayasan. Melalui analisis rasio keuangan, dapat diketahui perkembangan suatu organisasi, dan untuk membantu dalam pengambilan keputusan ekspansi demi pengembangan organisasi tersebut. Dari analisis rasio-rasio ROE, ROA dan NPM tahun 2016-2017 menunjukkan perkembangan kinerja keuangan , (2) dengan melihat hasil kinerja keuangan Yayasan Santa Lusia Virgini (YSLV) yang cenderung meningkat dan adanya dana menganggur sebesar  US$ 592,603.94,   maka lembaga Pendidikan Santa Lusia Virgini perlu untuk melakukan ekspansi, dengan mendirikan suatu bisnis unit di lingkungan Yayasan Santa Lusia Virgini yang  dapat diandalkan sebagai salah satu sumber pendapatan (income) Yayasan yang dapat digunakan untuk membantu subsidi murid tak mampu dan memberi peluang kerja untuk masyarakat  .


Keywords


analisis, laporan keuangan internal, ekspansi

DOI:

https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i3.2555


Full Text:

PDF

References


Amril M. Said, 2016. Analisa Pembuktian Laporan Keuangan: Atas Penyajian Laporan Keuangan. Edisi Revisi. Penerbit Djambatan.Jakarta.

Arikunto, S, 1993. Prosedur Penelitian. Edisi Kedelapan. Bandung, Renika Cipta.

Davis, K and J. W. Newstrom. (1996). Perilaku Dalam Organisasi. Alih Bahasa Agus Dharma, Edisi Kedua. Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Djarwanto Ps, 2004. Pokok-Pokok Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kedua, BPFE-Yogyakarta

Dwi Prastowo D., Rifka Juliaty, 2005. Analisis Laporan Keuangan: Konsep dan Aplikasi. Edisi Kedua, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN

Handoko, Hani T (1999). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Yogyakarta, BPFE.

John J. Wild, K.R.Subramanyam, Robert F. Halsy, 2004. Financial Statement Analysis. Edisi 8, Buku dua. Penerbit Salemba Empat.

Lyn M. Fruser, Aileen Ormiston, 2016. Memahami Laporan Keuangan. Edisi Bahasa Indonesia. Hak Cipta PT. Indeks.

Ramlie R. Mertawidjaja, 1981. Tehnik Analisa Keuangan. Cetakan Ulang, Penerbit “TARSITO” Bandung

S. Munawir, 1998. Analisa Laporan keuangan. Cetakan kesembilan, September 1998. Penerbit Liberty - Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.