PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENCEGAHAN (FRAUD)

Muhammad Fahmi, Muhammad Ridho Syahputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah audit internal yang dilakukan telah memadai, apakah audit internal telah berperan dalam pencegahan fraud, dan bagaimanakah peranan audit internal dalam pencegahan fraud pada PT. Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumut-Aceh. Objek pada penelitian ini pada bagian Satuan Pengawasan Internal (SPI). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) audit internal pada PT. Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumut-Aceh yang dilakukan telah memadai didukung dengan pengujian unsur audit internal dari perencanaan hingga tindaklanjut yang ada telah berjalan efektif, (2) peranan audit internal pada PT. Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumut-Aceh telah berperan dalam pencegahan fraud, (3) dimana unsur-unsur pengendalian intern yang diterapkan telah dijalankan sesuai dengan ketentuan yang ada. Kedepannya integritas pada diri SDM-lah yang dituntut untuk dapat mencegah risiko fraud atau dalam perekrutan SDM lebih dievaluasi pada nilai integritas calon pegawai guna mendapakan SDM yang unggul dan dapat dipercaya sehingga dapat menurunkan tingkat risiko fraud.


Keywords


Audit internal, Pencegahan fraud

Full Text:

PDF

References


ACCA (2013). Association of Chartered Certified Accountants.http://www.accaglobal.comDiakses 2-12-2018

ACFE, (2016). Survai Fraud Indonesia. Report to The Nations (RTTN) http://acfe-indonesia.or.id Diakses 1 Desember 2018

Agoes,Sukrisno. (2012).Auditing(PetunjukPraktisPemeriksaanAkuntanolehAkuntanPublik).Edisi 4.Buku1. Jakarta: Salemba Empat.

Agoes,Sukrisno. (2013).Auditing(PetunjukPraktisPemeriksaanAkuntanolehAkuntanPublik).Edisi 4.Buku2. Jakarta: Salemba Empat.

Albrecht, W.Steve. (2003). Fraud Examination. South Western: Thompson

Amrizal (2004). Pencegahan dan Pendeteksian Kecurangan oleh Internal Audit. Bandung : Alfabeta

Andayani, Wuryan (2011). Audit Internal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ekonomi Univeritas Sunan Kalijaga. Vol.1 No. 1,2017

Anggraeni, Intan Riana (2010). Peranan Audit Internal dalam Pencegahan Fraud : Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Skripsi S1, Universitas Widyatama. Bandung

Arens, Alvin A dan James K. Loebbecke (2009). Auditing & Assurance Service. Jakarta : Salemba Empat

Ety Meikhati (2015), Peranan Audi t Internal dan pencegahan Fraud Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal (Studi kasus pada Yayasan Internusa Surakarta). Jurnal.

IAPI/Institut Akuntan Publik Indonesia (2013). Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Ikhsan, Arfan, dkk. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Citapustaka Media

Karni, Soejono (2000). Auditing Audit Khusus dan Audit Forensik dalam Praktik. EdisiPertama.Jakarta:Lembaga PenelitianFEUI.

Karyono (2013). Forensik Fraud. Edisi 1. Yogyakarta : CV. Andi

Kusumah, Ihsan (2008). Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (fraud): Studi Kasus pada Kantor PT. Bank Jabar Banten Cabang Utama Bandung. Skripsi S1, Universitas Widyatama. Bandung.

Ludita Nilam Ariani (2013), Pengaruh Peranan Audi tor Internal Terhadap Penerapan Good Corporate Governance pada BUMN Jember. Jurnal.

Miftah,Thoha (2012). Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Implikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyadi (2013). Auditing. Edisi 6. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sawyers (2002). Internal Auditing. Edisi. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Sinaga, N.S.B. (2008). Peranan Keahlian Internal Auditor dalam Mencegah dan Mendeteksi Kecurangan (Fraud). Fakultas Ekonomi. Universitas Trisakti.Jurnal.

Snowahyuni (2017). Audit Internal : Sejarah, perkembangan, dan gambaran umum https://snowahyuni.wordpress.com Diakses 17 Desember 2018.

Soekanto, Soerjono (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sriwulandari (2017). Peranan Audit Internal Dalam Pelaksanaan Pengendalian Internal: Studi Kasus pada PDAM Tirtanadi Provisi Sumatera Utara. Skripsi S1, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan. Tidak Dipublikasikan

Suginam (2017). Pengaruh Peran Audit Internal dan Pengendalian Internal terhadap Pencegahan Fraud. Jurnal riset Akuntansi, Fakultas Ekonomi STMIK Budi Darma. Vol.1 No.1, Februari 2017.

Tuanakotta, Theodorus (2010). Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

_________________(2013). Audit Berbasis ISA (International Standarsd on Auditing). Jakarta: Salemba Empat.

Tugiman, Hiro (2001). Pandangan Baru Internal Auditing. Cetakan Kelima. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI)

Tugiman, Hiro (2003). Standar Profesional Audit Internal. Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI)

Widaningsih, Mimin dan Desy Nur Hakim (2015). Pengaruh Profesionalisme Auditor Internal terhadap Pencegahan dan Pendeteksian Fraud. Jurnal riset Akuntansi dan Keuangan, Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 3 No.1, 2015




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.3327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.