PENGARUH PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH (STUDI PADA SENTRA DODOL DI KEC. TANJUNG PURA)

Nurwani Wani, Ayu Safitri

Abstract


Pembangunan perekonomian di Indonesia umumnya berbasis pada ekonomi kerakyatan, yang dapat dilihat pada sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sektor ini mempunyai peranan yang cukup besar dalam perekonomian nasional maupun daerah. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bentuk usaha yang paling banyak dijalani oleh pengusaha di Indonesia. Hal ini dikarenakan pengelolaannya yang tidak sulit dan juga mudah untuk dilakukan oleh pihak dari kalangan manapun serta tidak membutuhkan biaya yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan informasi akuntansi terhadap keberhasilan usaha pada usaha kecil menengah. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 40 pedagang yang berada di sentra dodol Kec. Tanjung Pura. Pendekatan penelitian menggunakan asosiatif. Cara pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu sebanyak 32 pedagang, data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada pedagang di sentra dodol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan informasi akuntansi  yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha.


Keywords


Penggunaan Informasi Akuntansi, Keberhasilan Usaha.

DOI:

https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.3332


Full Text:

PDF

References


Alex Wibowo dan Elisabeth Penti Kurniawati. (2015). ‘’Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Sentra Konveksi Di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga)’’. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana. Volume XVIII No. 2, Agustus 2015.

Ari Irawan dan Hari Mulyadi. (2016). ‘’Pengaruh Keterampilan Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha’’ Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Of Busines Management And Enterpreneurship Education. Volume 1, Number 1, April 2016.

Arya Bee Grand Christian dan Maria Rio Rita. (2016). ‘’Peran Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Menunjang Keberhasilan Usaha’’. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal EBBANK Vol. 7, No. 2, Desember 2016.

Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)‘’www.bi.go.id/id/umkm’’ diakses 23 januari 2018.

Ghozali imam. (2013). ‘’Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss.’’ Edisi ketujuh . semarang : badan penerbit universitas diponegoro.

I Cenik Ardana dan Endro Lukman. (2016). ‘’Sistem Informasi Akuntansi’’Jakarta : Mitra Wacana Media.

Idrus. (2000). Akuntansi dan Pengusaha Kecil. Majalah Akuntansi, Edisi )7/ Maret/ Thn. VII 2000.

Ishak Dan Arief Sugiono. (2015). ‘’Akuntansi Informasi Dalam Pengambilan Keputusan ‘’ Cetakan Pertama Jakarta : PT. Grasindo.

Medan Dialy Bisnis. (2016) ‘’Omzet Pedagang Dodol Merosot’’ www.medanbisnisdialy.com, diakases 2 desember 2017.

Sugiono. (2015). ‘’Metode Penelitian Pendidikan’’ (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Suryana. (2014). ‘’Kewirausahaan Kiat Dan Proses Menuju Sukses’’ (edisi IV). Jakarta : Salemba Empat.

Yohanes Hendri Andhika dan Theresia Woro Damayant. (2017). ‘’Niat Melakukanpencatatan Akuntansipada Usaha Kecil Menengah:Pengetahuan Akuntansi Ataukah Herding’’. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 331ISSN 1979 -6471. Volume 20 No. 2, Oktober 2017.

Zulia Hanum. (2013). ‘’Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan (Survei Pada Usaha-Usaha Kecil Di Kota Medan)’’. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jurnal Riset Akuntansi Bisnis, ISSN : 1693-7597, vol no 2 September 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.