PENGGUNAAN MEDIA KOMISI (KOTAK MISTERI AKUNTANSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI

Try Ulfah Anggriani, Sulaiman Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media KOMISI (Kotak Misteri Akuntansi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi pada pokok bahasan petty cash dikelas XI pada SMK YPIS Maju Binjai Tahun Pembelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI akuntansi SMK YPIS Maju Binjai yang berjumlah 25 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah media KOMISI ( Kotak Misteri Akuntansi ) sebagai usaha dalam meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi pada pokok bahasan petty cash dikelas XI pada SMK YPIS Maju Binjai. Instrumen penelitian ini adalah tes dan lembar observasi.Adapun yang menjadi hasil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada tes siklus I diperoleh 6 dari 25 siswa (24%) yang mencapai ketuntasan sedangkan untuk hasil belajar pada siklus II diperoleh sebanyak 20 siswa (80%) yang mencapai ketuntasan .Hal ini menunjukkan peningkatan dari tes siklus I sampai test siklus II sebesar 56%, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui media KOMISI (Kotak Misteri Akuntansi) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa.


Keywords


Media, Pembelajaran, Akuntansi dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar.2013. Media Pembelajaran . Jakarta : Rajawal.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan.2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta.

Dimyanto dan Mujiono.2006. Belajar dan Pembelajarn. Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto.2010. Media Pembelajaran. Bandung : Satu Nusa.

Drs.Hendi Soemantri.2004.Memahami Akuntansi SMK Seri B. Bandung : Armico

Harjono.2005.Media Pembelajaran.Jakarta :Bumiaksara.

Munadi, Yudhi.2008. Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press.

Rudianto.2012. Pengantar Akuntansi. Jakarta : Erlangga

Slameto.2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana ( 2008 ). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sukardi.2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

tomahayuningtiasblog.wordpress.com diakses tanggal 20 Desember 2016

(https://festivalpembacaindonesia.com), diakses tanggal 5 Januari 2017




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.3334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.