Analisis Tingkat Kompetensi Pedagogik Dosen STKIP Al Maksum

Muhammad Sadri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menilai tingkat kompetensi pedagogik dosen STKIP Al Maksum. Populasi penelitian ini adalah dosen STKIP Al Maksum. Sampel yang digunakan adalah seluruh dosen karena jumlahnya 50 orang responden. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis factor konfirmatori menggunakan SPSS dan AMOS. Hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi pedagogic dosen masih masuk dalam kategori baik tetapi yang maksimal hanya pada aspek komunikasi dan pengembangan potensi. Aspek yang belum maksimal adalah pengembangan kurikulum dan penyampaian teori dan prinsip pembelajaran yang mendidik. Pihak pimpinan perguruan tinggi harus lebih fokus dalam memberikan pelatihan dan pendampingan bagi para dosen untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan kurikulum dan metode pembelajaran yang mendidik untuk memaksimalkan kompetensi pedagogik dosen dan meningkatkan keberhasilan pencapaian kualitas hasil belajar mahasiswa.


Keywords


kompetensi pedagogik, hasil belajar, analisis faktor konfirmatori

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., & Wahyuningsih, S. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru SD di UPTD Pendidikan Banyumanik Kota Semarang. Elementray, 6(1), 121.

Akhyak, D. (2013). Implementation of Teachers Pedagogy Competence to Optimizing Learners Development in Public Primary School in Indonesia. International Journal of Education and Research, 1(9), 110.

Ayusrijuniantari, I. (2017). Pentingnya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa.

Choo, S. S. (2012). Conceptualizing Literature Pedagogy: World, Global, and Cosmopolitan Orientations to Teaching Literature in English. Colombia University.

Gewasari, M. (2016). The Effect of Teacher Competence, Principal Pedagogical Leadership, School Spiritual Organizational Culture , Job Satisfaction of Teacher Development, Achievement Motivation toward Teacher Performance of Public Senior High School in Deli Serdang District. Journal of Humanities And Social Science, 21(10), 2938.

I, F., P, M., & D, S. (2014). Pedagogical competence-based Training Needs Analysis for Natural Science Teachers. Journal of Education and Learning, 8(2), 144151.

Irianto. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, profesional, Kepribadian dan Sosial yang Dimiliki Dosen Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Empiris pada STIIE AMM Mataram). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(1), 4658.

Irina, A., & Liliana. (2011). Pedagogical Competences The Key to Efficient Education. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 411423.

Liakopoulou, M. (2011). Teachers Pedagogical Competence as a Prerequisite for Entering the Profession. European Journal of Education, 46(4), 474.

Olatunji, M. O. (2013). Ensuring and promoting the pedagogical competence of university lecturers in africa. Journal of Educational and Instructional StudiesIn the World, 3(3), 7385.

Putri, S. D., & Suwatno. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Subang. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 918.

Ramnarain, U., & Schuster, D. (2014). he Pedagogical Orientations of South African Physical Sciences Teachers Towards Inquiry or Direct Instructional Approache. Research in Science Education.

Sarbaini, S. (2017). Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa di Kabuparten Tanah Laut. Banjarmasin.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.3695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.