ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI APLIKASI EDMODO PADA MATA KULIAH AKUNTANSI KEPRILAKUAN

Rizal Pranata Meyyanudin, Isharijadi Isharijadi, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian belajar mahasiswa dalam menjalankan proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Edmodo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan Edmodo dapat meningkatkan kemandirian mahasiswa jika ditinjau dari kepercayaan diri, tanggung jawab, inisiatif dan disiplin mahasiswa dalam melakukan suatu aktivitas dan pengamatan langsung di lapangan sehingga mendorong kemandirian belajar mahasiswa guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.


Keywords


Akuntansi Keprilakuan; Aplikasi Edmodo; Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48–65. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.921

Ainiyah, Z. (2015). Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3), 1–13. https://doi.org/10.30798/makuiibf.323102

Ariantini, K. N., Sujana, E., & Herawati, N. T. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Membaca Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderasi. E-Journal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 52–62.

Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226

Dwiharja, L. M. (2015). Memanfaatkan Edmodo Sebagaimedia Pembelajaran Akuntansi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY" Profesionalisme Pendidik Dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Pada Era MEA", 332–344.

Ekayati, R. (2013). Optimalisasi Aplikasi Edmodo Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kesadaran Berbahasa Mahasiswa Pada Mata Kuliah Literary Criticism Di FKIP UMSU. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Elviana, P. S. (2017). Pembentukan Sikap Mandiri Dantanggung Jawab Melalui Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 134. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1643

Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449

Irmade, O., & Widjanarko, P. (2017). Efektivitas Penggunaan Edmodo Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Mahasiswa PG-PAUD Unisri Tahun Akademik 2016 / 2017. Research Fair Unisri, 1(1), 17–22.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 745–751.

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), 9–22.

Nasrullah, A., & Suryadi, E. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematis. Symetry: Pasundan Journal of Research in Matehematics Learning and Education, 2(2), 1–6.

Nasution, F. A. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa UMSU. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 9(2), 111–122.

Putro, S. C., & Desynatria, W. (2016). Interaksi Antara Faktor Inisiatif Dengan Faktor Penerapan Model Konstruktivistik Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Teknologi Pada Siswa SMK. TEKNO, 26(2), 92–99.

Rahmawati, E., Jaenudin, R., & Fitriyanti. (2015). Pengaruh Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 186–192.

Sanjayanti, A., & Budiretnani, D. A. (2015). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa SMAN 1 Kediri Kelas XI MIA-5 pada Model PBL Materi Sistem Reproduksi Manusia. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 361–363.

Siburian, P. (2012). Penanaman dan Implementasi Nilai Karakter Tanggung Jawab. GENERASI KAMPUS, 5(1), 85–102.

Soffatunni’mah, E., & Thomas, P. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa Di Man 2 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 447–458.

Suhardita, K. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen pada Sekolah Menengah Atas Laboratorium (Percontohan) UPI Bandung Tahun Ajaran 2010/2011). ABMAS : Media Komunikasi Dan Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat, Edisi Khus(1), 127–138.

Trisnawati, D. D. (2013). Membangun Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sma Khadijah Surabaya melalui tata tertib sekolah. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 397–411.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fliabilities.v5i1.9828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI) is abstracting & indexing in the following databases: 

     

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

View My Stats Liabilities