PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN PENDEKATAN ASYNCHRONOUS dan SYNCHRONOUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAGI MAHASIWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMSU

Faisal Rahman Dongoran, Muhammad Taufik Siregar, Zharifah Raniyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Asynchronous & Synchronous terhadap Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. Subjek penelitian (responden) adalah seluruh Mahasiswa Pendidikan   Akuntansi   Fakultas   Keguruan   dan   Ilmu   Pendidikan   Akuntansi   Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan Ex Post Facto dengan sampel sebanyak 117 Mahasiswa. Metode pengambilan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunkaan adalah uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 25 for windows. Temuan penelitian menunjukan bahwa pendekatan Sinkronous dan Asinkronous berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai thitung sebesar 11,252, koefisien regresi (b) sebesar 0,944, nilai signifikasi (p) sebesar 0,000 (p<0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,524 atau 52,4% yang dapat diartikan bahwa 52,4% motivasi belajar dipengaruhi oleh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Sinkronous,  sedangkan  sisanya  sebesar  47,6%  dipengaruhi  oleh  variable   lain   yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini


Keywords


Pendekatan Sinkonous dan Asinkorous, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agus Susilo, Farid. 2013. Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran. MATHEdunesa 2(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1521

Istiningsih, Galih, Ela Minchah L.A, and Evik Prihalina. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran ‘Promister’ Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang Pandhawa Pada Mahasiwa Sekolah Dasar. Jurnal Holistika II(2): 94–103. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2637

Sutrisna, Deden. 2018. Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiwa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 13(2): 69–78. https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/view/1544

Sadirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan,A.R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 28-37. DOI:10.31004/edukatif.v2i1.80

Narayana, I Wayan Gede. 2016. Analisis Terhadap Hasil Penggunaan Metode Pembelajaran Synchronous dan Asynchronous. Semnasteknomedia Online 4(1): 139–44. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1255




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fliabilities.v5i1.9869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI) is abstracting & indexing in the following databases: 

     

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

View My Stats Liabilities