PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN PENDEKATAN ASYNCHRONOUS dan SYNCHRONOUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAGI MAHASIWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMSU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Asynchronous & Synchronous terhadap Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. Subjek penelitian (responden) adalah seluruh Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan Ex Post Facto dengan sampel sebanyak 117 Mahasiswa. Metode pengambilan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunkaan adalah uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 25 for windows. Temuan penelitian menunjukan bahwa pendekatan Sinkronous dan Asinkronous berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai thitung sebesar 11,252, koefisien regresi (b) sebesar 0,944, nilai signifikasi (p) sebesar 0,000 (p<0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,524 atau 52,4% yang dapat diartikan bahwa 52,4% motivasi belajar dipengaruhi oleh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pendekatan Sinkronous, sedangkan sisanya sebesar 47,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agus Susilo, Farid. 2013. Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran. MATHEdunesa 2(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1521
Istiningsih, Galih, Ela Minchah L.A, and Evik Prihalina. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Promister Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang Pandhawa Pada Mahasiwa Sekolah Dasar. Jurnal Holistika II(2): 94103. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2637
Sutrisna, Deden. 2018. Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiwa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 13(2): 6978. https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/view/1544
Sadirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawan,A.R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 28-37. DOI:10.31004/edukatif.v2i1.80
Narayana, I Wayan Gede. 2016. Analisis Terhadap Hasil Penggunaan Metode Pembelajaran Synchronous dan Asynchronous. Semnasteknomedia Online 4(1): 13944. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1255
DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v5i1.9869
Refbacks
- There are currently no refbacks.