Analisis Determinan Kinerja Pegawai di Lingkungan Biro Rektor Universitas Negeri Medan

Soulthan Saladin Batubara, Muhammad Yalzamul Insan

Abstract


Untuk memenangkan kompetisi, karyawan sebagai ujung tombak pelayanan dituntut memiliki jiwa kepemimpinan, dan disiplin kerja yang tinggi untuk memenuhi pencapaian sasaran kinerja secara optimal.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Lingkungan Rektor Universitas Negeri Medan secara parsial dan bersamaan. Dengan teknik Simple Random Sampling dan menggunakan rumus Slovin dengan persentase kelonggaran (e) sebesar 5%, diperoleh sampel dalam penelitian ini terhadap 104 pegawai yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Kuesioner dihitung dengan unit pengukuran skala likert, dan diproses menggunakan program SPSS (statistical product and service solution) Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik sebagian maupun bersamaan variabel kepemimpinan dan disiplin kerja memiliki efek positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Biro Rektor Universitas Negeri Medan.


Keywords


Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Arianty, N., Bahagia, R., Lubis, A. A., & Siswadi, Y. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Medan: Perdana Publishing.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Jufrizen, J. (2017). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja Perawat: Studi Pada Rumah Sakit Umum Madani Medan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 27–34.

Jufrizen, J. (2018). Peran Motivasi Kerja Dalam Memoderasi Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018 (pp. 405–424).

Jufrizen, J., & Hadi, F. P. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 35–54.

Jufrizen, J., & Sitorus, T. S. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora, 1(1), 841–856.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remadja Rosdakarya.

Martoyo, S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Nawawi, H. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif.

Yogyakarta: UGM Press.

Rivai, V., & Sagala, E. J. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sembiring, M., Jufrizen, J., & Tanjung, H. (2021). Efek Mediasi Kepuasan Kerja pada Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Junal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 130–143.

Siagian, S. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Akasara. Sugiyono, S. (2017). Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyani, A. T., & Rosidah, R. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (Kedua.). Yogyakarta: Garaha Ilmu.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fmaneggio.v5i1.10191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen is abstracting & indexing in the following databases: 

 

 
Creative Commons License

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 View My Stats Maneggio