Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Dengan Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap Di Kota Medan

Fini Safwati, Suwito Suwito, Hazmanan Khair

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek dan promosi terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi dengan keputusan pembelian mie instan sedaap di kota Medan. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang mengkonsumsi mie instan sedaap yang berada di kawasan Medan Timur, dan sampel yang diambil 96 orang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah asosiatif, dengan melakukan pengumpulan data dengan metode penyebaran angket, dan menggunakan teknik analisis jalur menggunakan alat aplikasi smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan mie instan sedaap di kota Medan, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan sedaap di kota Medan, promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan mie instan sedaap di kota Medan, promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan sedaap di kota Medan, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang memediasi dengan keputusan pembelian mie instan sedaap di kota Medan, promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang memediasi dengan keputusan pembelian mie instan sedaap di kota Medan..


Keywords


Citra Merek dan Promosi, Loyalitas Pelanggan, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi (8th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Ahmaddien, I., & Widati, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Variabel Kepuasaan (Studi Kasus Go Food). FRIMA - 2019 (pp. 387393).

Alaziz, F. M. (2010). Pengaruh brand image (Citra merek) terhadap loyalitas konsumen pengguna ponsel merek nokia (Studi pada mahasiswa UM di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru kota Malang). Program Studi Pendidikan Manajemen Pemasaran: Universitas Negeri Malang.

Ali, H. (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Aregawi, T. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty: (Experience From Dashen Bank Adigrat Area Branch). International Journal of Science and Research (IJSR), 7(9), 101105.

Arianty, N. (2016). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 111.

Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 17 (2), 114126.

Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Ilman, 5(2), 1423.

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes. Akmami, 2 (2), 204219.

Batlajery, S., & Alfons, M. E. (2019). Analysis of the Effect of Public Relation and Sales Promotion on Decision Making Processes for Buying Water Refills in Merauke. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 10 (3), 759765.

Budianto, A. (2015). Manajemen Pemasaran. (K. N. Nugrahini, M. Tamam, & D. Qamajaya, Eds.) (1st ed.). Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Dewi, K., Andri, G., & Yonaldi, S. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand And Body Lotion Di Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.3 (No.2), 1129.

Dharmmesta, B. S. (2013). Menejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Fardani, N. E. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan mobile broadband services Telkomsel di Kota Bandung tahun 2014. e-Proceeding of Management, 2 (2), 14.

Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB) (pp. 690705).

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3 (1), 148159.

Ghozali, I., & Latan, H. (2012). Partial Least Squares Konsep. Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, J. (2002). Customer Loyalty : How to Earn It, How to Keep It (Revised.). New York, United States: John Wiley & Sons Inc.

Griffin, J. (2010). Customer Loyalty How To Earn it, How Keep It I. Kentucky: McGraw Hill.

Hair, J., Hult, G., Ringel, C., & Sartsedt, M. (2014). A Primier On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). America: Sage Publication Inc.

Hasan, A. (2009). Marketing (Edisi Baru.). Yogyakarta: Media Press.

Hendriko, R. (2018). Pengaruh kualitas produk dan keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan restoran. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2 (2), 6774.

Hidayat, R. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 11 (1), 5972.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (11th ed.). Jakarta: Indeks.

Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong. (2012a). Marketing Management. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012b). Prinsis-Prinsip Pemasaran (Edisi 13 J.). Jakarta: Erlangga 2012.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (13th ed.). New Jersey: Person Preantice Hall. Inc.

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional (Survey Pada Industri Rumah Tangga Dodol Daging Pala Audia di Tahuna Kab. Sangihe). Jurnal EMBA, 1 (3), 284293.

Lepojevi?, V., & ?uki?, S. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty In The Business Market - An Empirical Study In The Republic Of Serbia. Economics And Organization, 15 (3), 245256.

Muis, M. R., & Fahmi, M. (2017). Pengaruh Promosi dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(3).

Nasution, A. E, Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1 (1), 194199.

Nasution, Asrizal Efendy. (2018). Pengaruh Citra Merek dan kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 9196.

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477 (2020), 17.

Nitisusastro, M. (2012). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Oktadiani, O. D., & Laily, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Fast Fashion Uniqlo Di Tunjungan Plaza Mall. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(1), 121.

Rangkuti, F. (2008). The Power Of Brands. Jakarta: Erlangga.

Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2), 115.

Sarjita, S. (2018). Pengaruh Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Go-Jek di Daerah Istimewa Yogyakarta. JBMA (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi), 5(1), 7692.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen (Revisi.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran (1st ed.). Malang: UB Press.

Siburian, A. E. Y., Yulianeu, Y., Harini, C., & Wulan, H. S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Variasi Produk (Restoran) Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan (Studi Kasus di A to Z Bar Wine & Brasserie Semarang). Journal Of Management, 3(3), 17.

Stanton, W. J. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan : (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Kedua.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, D. (2012). Dasar - Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Tirtaatmaja, D. I., Tampi, J. R. E., & Punuindoong, A. Y. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan PembelianMobil Toyota Avanza Pada Pt. Hasjrat Abadi Tendean Manado. jurnal Admininistrasi Bisnis (JAB), 9(1), 9095.

Tjahjaningsih, E. (2013). Pengaruh Citra Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour Di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, 28(2), 117.

Tjiptono, F. (2011). Manajemen & Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2012). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Tobing, R. P., & Bismala, L. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 1(2), 7382.

Tu, Y.-T., & Chih, H.-C. (2013). An Empirical Study of Corporate Brand Image, Customer Perceived Value and Satisfaction on Loyalty in Shoe Industry. Journal of Economics and Behavioral Studies, 5(7), 469483.

Tunggal, A. W. (2008). Dasar-Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta: Harvindo.

Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 798807.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v5i1.10507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.